Zulmansyah Paparkan Peran Penting Pers Dalam Sukseskan Pemilu 2024

BERITA26 Dilihat

PEKANBARU – Zulmansyah Sekedang Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau memaparkan terdapat beberapa peran penting pers dalam mensukses kegiatan pemilihan umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang.

“Pertama pers berfungsi sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Seperti tahapan pemilu, siapa bakal calon yang maju, hingga hasil akhir dari pemilu tersebut,”ujarnya dalam acara Seminar Kebangsaan yang ditaja oleh Polda Riau di Hotel Grand Central. Kamis, (22/6/2023).

Kemudian pers memiliki fungsi pendidikan. Guna menegakkan nilai – nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia. Serta untuk menghormati kebhinekaan di Indonesia.

Selanjutnya, fungsi kontrol. Artinya, pers mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar.

“Salah satunya dengan melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal – hal yang berkaitan dengan kepentingan umum,” paparnya.

Selain itu pers juga memiliki fungsi untuk menangkal hoax, dengan memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

“Teman – teman media harus netral dan berimbang dalam pemberitaan. Oleh sebab itu, masyarakat boleh juga mengawasi pers,” ujarnya.

“Tujuan kita adalah untuk mewujudkan pemilu 2024 yang jujur dan adil,” pungkas Zulmansyah, seperti yang dilansir dari Halloriau.***

Editor: Redaksi

Komentar