Wako Dumai dan Ketua TP PKK Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

BERITA41 Dilihat

DUMAI – Selasa (4/7/2023), Walikota Dumai Paisal dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP PKK) Kota Dumai, Hj Leni Ramaini, menerima secara langsung penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Dikutip dari Web Pemko Dumai, Penghargaan kategori Manggala Karya Kencana (MKK) terhadap Walikota dan Ketua TP PKK, diserahkan langsung Kepala BKKBN RI, Dr (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG (K), dalam acara Gala Dinner Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30, di Puri Agung, Rumah Dinas Gubernur Provinsi Sumatera Selatan.

Sebagai informasi, ada 4 kategori penghargaan yang diserahkan dalam acara gala dinner yaitu, Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana.

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta Percepatan Penurunan Stunting.

Atas dasar kepedulian dalam mendukung program itulah, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala BKKBN Nomor 118/KEP/G2/Tahun 2023, tentang penerima Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana Tahun 2023, Walikota Dumai dan Ketua TP PKK Kota Paisal ditetapkan sebagai penerima Tanda Penghargaan Bidang Bangga Kencana Tahun 2023 bersama Gubernur, Bupati dan Walikota, Ketua TP PKK se-Indonesia serta unsur lainnya.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota Dumai, Paisal ungkapkan rasa syukur seiring dengan ucapan terima kasih kepada BKKBN dan seluruh pihak, khususnya kepada PKK Kota Dumai, Kader KB, Kader Posyandu, Tim Penanganan Stunting Kota Dumai, para stakeholder, serta pihak terkait lainnya.

“Alhamdulillah, berkat ikhtiar dan doa kita bersama, Dumai berhasil meraih penghargaan yang luar biasa dari BKKBN RI, ini adalah suatu keberkahan untuk Kota Dumai,” ucapnya.

Melalui perolehan ini, Paisal mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan kinerjanya terkait program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting, demi terbentuknya keluarga yang berkualitas serta sumber daya manusia yang lebih baik kedepannya di Dumai Kota Idaman.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini menerangkan, prevalensi stunting Kota Dumai pada tahun 2022 telah berada diangka 12,8 persen, terjadi penurunan yang signifikan yang sebelumnya berkisar diangka 22.3 persen pada tahun 2021.

Menurutnya, keberhasilan penurunan angka stunting ini merupakan wujud kepedulian dan kerja keras bersama seluruh pemangku kepentingan dan pihak terkait lainnya di Kota Dumai, sehingga terjadi penurunan angka stunting sebesar 9.5 persen, dibawah angka Provinsi Riau bahkan angka nasional.

“Atas penghargaan yang telah diraih ini, kami berharap untuk tahun 2023 Kota Dumai bisa menurunkan lagi prevalensi dibawah 10 persen. Semoga prestasi ini akan semakin memotivasi kita semua untuk terus menjadi terbaik,” pungkas Hj. Leni.***

Editor: Redaksi

Komentar