Wakil Ketua Komisi VIII DPR Lepas Keberangkatan Kloter I Haji Sumatera Utara

BERITA48 Dilihat

MEDAN – Jemaah haji Indonesia mulai berangkat ke Tanah Suci. Di Sumatera Utara (Sumut), kloter I haji Sumut dilepas oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasoppang dengan disaksikan oleh sejumlah perwakilan pejabat daerah.

“Berkat doa dan izin Allah, tahun ini Indonesia memperoleh kepercayaan untuk berkunjung ke Baitullah. Walaupun jumlah jemaah kembali normal, ada beberapa penyesuaian karena ada perubahan kebijakan,” kata Marwan di sela-sela agenda pelepasan jemaah haji kloter I di Kota Medan, Sumatera Utara, seperti dikutip dari situs resmi DPR, Rabu (24/5/2023).

Rombongan haji asal Kabupaten Mandailing Natal masuk dalam kloter I dari Sumatera Utara. Secara rinci, jemaah terdiri dari 359 orang, terdiri dari 352 orang jemaah haji dan 7 (tujuh) orang petugas haji setempat. Rombongan didominasi jemaah haji Lansia. Satu di antaranya telah berusia 96 tahun, atas nama Abbas Sadmi Saif. Dia berangkat bersama istrinya.

Oleh karena banyaknya jemaah lansia, Marwan mengingatkan agar para petugas dan sesama rombongan jemaah untuk saling menolong. Semangat ini, menurutnya, harus dikedepankan agar ibadah terlaksana dengan tertib dan aman.

“Meskipun sudah ada petugas haji, baik petugas kloter maupun petugas non-kloter, selama menjelang keberangkatan dan di Arab Saudi, karena banyak yang lansia, mutlak harus saling kerja sama,” ujar legislator Daerah Pemilihan Sumatera Utara itu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Ahmad Qosbi memastikan pelayanan jamaah akan memprioritaskan jemaah lansia. Dia menjelaskan jemaah lansia mendapatkan porsi prioritas di seluruh Indonesia termasuk di Sumatera Utara sejumlah 2.194 orang.

“Prinsipnya, kita harus menyesuaikan dengan instruksi Menteri Agama RI, ramah lansia, dan lebih fokus memberi kenyamanan pada jamaah,” tutupnya.

Diketahui, agenda pelepasan jamaah haji tersebut Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang didampingi oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Husni dari F-Gerindra, Anggota Komisi VIII DPR RI Isqan Qolba Lubis dari Fraksi PKS.

Sumber: detik.com

Komentar