Visa Haji Tak Keluar, Satu CJH Kota Dumai Tunda Keberangkatan

BERITA42 Dilihat

DUMAI – ‎Satu calon jamaah haji (JCH) asal Kota Dumai tertunda keberangkatannya. Sebab visa mereka untuk masuk ke Arab Saudi belum keluar dan masih dalam pengurusan.

Itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Dumai, Alfian melalui, Kasi Haji dan Umrah Sudarmanto‎, Selasa (30/5/2023).

“Ada satu CJH Kota Dumai tertunda keberangkatannya, karena visanya belum keluar,” kata Sudarmanto.

Menurut Sudarmanto, saat ini Visa CJH tersebut masih dalam pengurusan. Diperkirakan bakal diberangkat pada 21 Juli 2023.

“Karena visanya tidak keluar, maka suaminya ikut menunda keberangkatan. Sehingga yang awalnya 137 menjadi 135 CJH asal Dumai akan berangkat pada 31 Mei 2023 menuju embarkasi antara,” terang Sudarmanto.

Sudarmanto menjelaskan, untuk persiapan pemberangkatan CJH Dumai menuju embarkasi antara pada 31 Mei 2023 sejauh ini berjalan dengan lancar. Koper CJH hari ini mulai diantar kembali ke kantor Kemenag Dumai.

“Pesan kami CJH tetap jaga kesehatan agar maksimal dalam melaksanakan ibadah haji,” pesannya.

Terpisah Kepala Bagian ADM Kesra Setdako Dumai, Asnam mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Bagian ADM Kesra Setdako Dumai rencananya akan melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Dumai menuju Embarkasi Antara di Pekanbaru pada Rabu (31/5/2023).

Pelepasan akan dilakukan langsung Walikota Dumai, Paisal di Gedung Pendopo Jalan Putri Tujuh Kota Dumai.

Dijelaskan Asnam, Pemko Dumai sudah menyewa bus untuk membawa CJH dari Dumai menuju Pekanbaru. Bahkan menanggung makan CJH selama di perjalanan Dumai sampai Pekanbaru.

“Artinya biaya domestik, transportasi Dumai – Pekanbaru dan konsumsi ditanggung oleh Pemko Dumai,” terang Asnam.

Lanjutnya, CJH Kota Dumai bergabung dengan CJH Kloter 13. Dengan jadwal berangkat menuju embarkasi antara dari Dumai pada 31 Mei. Lalu 1 Juni terbang ke Embarkasi Batam, dari Batam langsung ke Madinah.

Sebelumnya, Pemko Dumai melalui Bagian ADM Kesra juga telah memfasilitasi CJH melaksanakan kegiatan manasik haji tingkat kota.

Tujuan dari kegiatan manasik haji, untuk membekali CJH agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji. Baik ibadah yang wajib maupun yang sunnah. Sehingga dalam pelaksanaan bisa berlangsung sesuai tuntunan, dan menjadi haji mabrur.

Terakhir Pemko Dumai melaksanakan Walimatus Safar merupakan kegiatan untuk melepas CJH diisi dengan tepuk tepung tawar. Kegiatan ini bermakna sebagai pemberian doa restu dengan harapan CJH diberi kesehatan dan keselamatan serta mendapatkan gelar haji mabrur.

Sumber: halloriau

Komentar