Tingkatkan Kapasitas Kelompok Binaan, PT KPI RU Dumai Adakan Pelatihan Pemijahan Ikan

BERITA38 Dilihat

DUMAI – Dalam rangka meningkatkan kapasitas kelompok binaan agar semakin berkembang, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai gandeng Politeknik Kelautan dan Perikanan Kota Dumai adakan pelatihan pemijahan ikan, bertempat di lokasi budidaya lele Pokdadan Palas Jaya Kelurahan Tanjung Palas, Rabu (17/5).

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai, Agustiawan, menjelaskan bahwa pelatihan pemijahan ikan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas serta produktivitas Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Palas Jaya sehingga turut mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan nasional.

“Hal ini sesuai dengan komitmen PT KPI dalam penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) khususnya fokus 8 yaitu Community Engagement Impact serta penerapan Sustainability Development Goals (SDGs) poin 2 yaitu Zero Hunger,” jelasnya.

Selain itu, dengan pelatihan pemijahan ikan ini diharapkan kelompok dapat menekan biaya produksi karena selama ini bibit diperoleh dengan cara membeli. Hal ini sesuai dengan perwujudan SDGs poin 8 yaitu Decent Work and Economic Growth.

Pada awal tahun 2023 ini, PT KPI RU Dumai telah memfasilitasi Pokdakan dengan pembangunan 20 kolam baru untuk budidaya ikan, sehingga total kolam yang telah dibangun untuk masyarakat adalah 50 kolam.

PT KPI RU Dumai juga sebelumnya telah melaksanakan pelatihan terkait pengelolaan limbah budidaya perikanan. Hal ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan kolam-kolam yang telah dibangun sehingga hasil yang didapatkan bisa optimal.

Nazaruddin selaku Ketua Pokdakan Palas Jaya mengapresiasi bantuan yang telah diberikan PT KPI RU Dumai kepada dia dan kelompoknya. Nazaruddin berharap hasil budidaya ini bisa melimpah sehingga dapat membantu perekonomian Pokdakan Palas Jaya.

Sedangkan Lurah Tanjung Palas, Untung Efendi, berharap program ini bisa terus berlanjut dan dapat diduplikasikan ke kelompok maupun daerah lainnya.

“Semoga program ini bisa terus berjalan secara berkelanjutan untuk memperkuat perekonomian masyarakat serta menciptkan hidup yang lebih baik. Program yang sangat baik untuk diduplikasi oleh pokmas lainnya” tutupnya.***

Komentar