Tanggal 18 Mei 2023 Memperingati Hari Apa Saja? Simak di Sini

BERITA35 Dilihat

JAKARTA – Tahukah kamu pada tanggal 18 Mei 2023 memperingati hari apa saja? Ada beberapa peringatan hari besar pada Kamis 18 Mei 2023, mulai dari peringatan hari penting nasional, hari penting internasional, dan tanggal merah hari libur nasional.

Untuk mengetahui ada peringatan hari apa saja pada tanggal 18 Mei 2023, simak informasi selengkapnya yang dirangkum detikcom berikut ini:

18 Mei 2023 Hari Kenaikan Isa Almasih

Peringatan hari yang pertama yaitu pada tanggal 18 Mei 2023 memperingati Hari Kenaikan Isa Almasih. Peringatan Kenaikan Isa Almasih adalah hari raya atau hari besar keagamaan bagi umat Kristiani di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Melansir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Kenaikan Isa Almasih adalah rangkaian dari Paskah, salah satu perayaan besar bagi umat Kristiani dalam peringatan Kebangkitan Isa Almasih atau Paskah. Kenaikan Isa Almasih ini dirayakan 40 hari setelah Paskah.

Di Indonesia sendiri peringatan Kenaikan Isa Almasih ditetapkan sebagai hari libur nasional dan penentuan tanggal merah untuk perayaan tahunannya diatur oleh pemerintah. Hal ini sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama setiap tahunnya.

Untuk tahun 2023 ini, menurut SKB 3 Menteri itu, perayaan Kenaikan Isa Almasih diperingati pada Kamis, 18 Mei 2023. Dan perayaan peringatan Kenaikan Isa Almasih pada tanggal 18 Mei 2023 ditetapkan sebagai hari libur nasional.

18 Mei 2023 Hari Kearsipan Nasional

Peringatan hari penting nasional selanjutnya yakni pada tanggal 18 Mei 2023 memperingati Hari Kearsipan Nasional. Untuk tahun ini merupakan tahun peringatan yang ke-52 Hari Kearsipan Nasional tahun 2023.

Melansir situs resmi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), tanggal 18 Mei ditetapkan sebagai Hari Kearsipan berdasarkan Keputusan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor OT.00/02/2005. Hari Kearsipan adalah momentum penegakkan kembali komitmen negara dan seluruh entitas bangsa Indonesia untuk berkolaborasi dan bekerja keras meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif, terpadu dan berkualitas.

Dalam rangka memperingati Hari Kearsipan Nasional ke-52 diusung tema “Gerakan Kearsipan: Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa, dan Peradaban Unggul”. Puncak peringatan Hari Kearsipan ke-52 Tahun 2023 ini akan dilaksanakan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

18 Mei 2023 Hari Museum Internasional

Selanjutnya ada peringatan hari internasional. Pada tanggal 18 Mei 2023 memperingati Hari Museum Internasional atau International Museum Day (IMD). Hari Museum Internasional adalah untuk memperkenalkan sekaligus mengajak publik untuk mengetahui peran penting museum sebagai suatu sarana pendidikan dan pertukaran budaya.

Menurut sejarahnya, Hari Museum Internasional dikemukakan oleh International Council of Museums (ICOM) melalui perkumpulan oleh berbagai komunitas museum internasional. Pertemuan yang diadakan pada 1951 itu menghasilkan gagasan Hari Museum.

Kemudian pada tahun 1977, Hari Museum Internasional secara resmi ditetapkan. Penetapan Hari Museum Internasional ini bertujuan agar dapat lebih menyatukan aspirasi kreatif dan upaya museum untuk menarik perhatian publik.

Setiap tahunnya, ICOM mengusung tema yang berbeda-beda untuk memperingati Hari Museum Internasional. Untuk tahun 2023 ini tema yang diusung adalah “Museums, Sustainability and Well-being” yang artinya “Museum, Keberlanjutan dan Kesejahteraan”.

Sumber: detik.com

Komentar