Sukses Panen Puluhan Kilo, Rutan Dumai Kembali Tebar Bibit Ikan Lele

BERITA75 Dilihat

DUMAI — Jeruji besi bukan sebuah halangan untuk mengembangkan kreatifias. Kata-kata itu merupakan penyemangat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Dumai yang terus menggali keterampilan dalam berbagai bidang, salah satunya melalui budi daya ikan.

Dengan budidaya ikan lele, WBP terus kembali memanen puluhan kilo ikan lele siap konsumsi dari kolam yang berada di kebun beranggang di balik tembok tinggi Rutan Dumai, Kamis (6/10/2022).

Kepala Rutan Dumai, Pance Daniel mengatakan budidaya yang dikelola oleh WBP ini akan menjadi modal dan bekal bagi mereka ketika telah bebas dari masa pidananya.

“Kegiatan ini adalah bagian dari pembinaan yang merupakan salah satu terobosan yang akan terus meningkat untuk memberikan kreativitas bagi WBP,” ungkap Pance.

Keahlian yang diperoleh akan memiliki manfaat ke depannya, terutama ketika mereka kembali ke masyarakat.

Karutan menambahkan bahwa memang ini adalah pola pembinaan yang telah dilakukan secara bertahap dari tahun ke tahun dan semakin ditingkatkan sehingga mendapat nilai ekonomi yang bisa bersaing dengan pasar modern saat ini.

Tak hanya itu, Rutan Dumai juga mendapatkan bantuan dari Dinas Perikanan Kota Dumai sebagai wujud sinergitas antar instansi.

Bantuan diterima langsung oleh Kepala Rutan Dumai, Pance Daniel dari Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai, Mukhlis Suzantri sebanyak 1000 bibit ikan lele.

“Kami sangat berima kasih atas sinergitas dan bantuan Dinas Perikanan untuk pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Dumai,” ucap Pance.

Selanjutnya Karutan Dumai dan Kepala Dinas Perikanan turut menebar bibit ikan lele tersebut. (rls/es)

Komentar