SMKN 1 Dumai Banyak Raih Prestasi

BERITA51 Dilihat

DUMAI — SMKN 1 Dumai yang terletak di Jln Cut Nyak Dien Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat diam-diam torehkan beragam prestasi, baik lokal, provinsi maupun pusat, dibawah bimbingan Kepsek Drs Dian Dini.

Prestasi yang sudah digapai tahun 2022 ini diantaranya : juara 1 lomba monolog, juara 3 lomba tari persembahan Riau, juara 1 lomba kompang, juara 1 unit PMR terheboh, juara 3 lomba keterampilan siswa se-Riau Bidang Pariwisata dan berbagai juara lainnya.

Trophy dan piagam maupun penghargaan tersusun rapi di lemari pajangan, ruang Kepsek. Sedemikian banyaknya, jika mencari trophy atau piagam yang dimaksud, bisa bingung. Terbukti, ketika dicari untuk ditunjuk kepada media, memakan waktu beberapa menit.

Semua prestasi, baru hasil satu periode (4 thn) selama Dian Dini memimpin sekolah. Saat ini, Dian Dini baru masuki 2 tahun menjabat. Belum dihitung prestasi saat kepsek sebelumnya. Bisa dilihat pada lemari pajangan sebelahnya.

Bukan hanya itu, sekolah juga merupakan satu-satunya SMK di Dumai dan salah satu diantara 8 SMK se-Riau yang dilaunching di Riau tentang Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) oleh Gubernur Syamsuar. Padahal ada 267 SMK se-Riau, baik negeri maupun swasta.

Prestasi lainnya, SMKN 1 juga ditetapkan Kemenristekdikti, sebagai SMK pusat keunggulan 2 konsentrasi keahlian, yaitu bisnis daring dan pemasaran serta tata busana, sejak 2021.

Cara lain bangkitkan prestasi anak didik, bahkan saat jurnalis berkunjung, sekolah sedang adakan berbagai lomba antara siswanya, seperti lomba MTQ dan kumandang adzan. Semua raihan tersebut merupakan hasil dari salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kepsek.

Dalam hal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setiap tahunnya, SMKN 1 Dumai terapkan sistem Kelompok Tempatan, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang tua dan Prestasi. Sebanyak 396 bangku di sediakan sekolah bagi calon peserta didik baru, terdiri dari 11 kelas, masing-masing menampung 36 siswa/i.

Kelompok Tempatan adalah, domisili calon peserta didik berada pada jarak terdekat dari sekolah sebanyak 10% (sepuluh persen) dari daya tampung satuan pendidikan. Afirmasi adalah jalur yang disediakan untuk siswa yang kurang mampu. SMKN 1 sediakan kuota sebanyak 15%.

Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/wali diperuntukkan bagi calon peserta didik baru jenjang SMA/SMK, yang terdiri dari pindah tugas orang tua/wali, anak guru/tenaga kependidikan, dan anak tenaga kesehatan. SMKN 1 menyediakan kuota sebanyak 5%.

Jalur prestasi adalah jalur yang diperuntukan bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi dan berada di luar zonasi sekolah, sepanjang memenuhi persyaratan. Nilai UN atau ujian sekolah maupun prestasi dari perlombaan dapat digunakan sebagai penentu seleksi. Terbagi dua, yaitu prestasi akademik dan non akademik tersedia kuota 70%.

SMKN 1 Dumai tidak mengenal jalur zonasi. Sistem zonasi adalah seleksi penerimaan siswa didik atau peserta didik baru, secara lebih transparan dan adil, ditetapkan sesuai tempat tinggal. Jika mengacu pada Permendikbud No. 44 Tahun 2019, maka kuota penerimaan calon peserta didik baru, minimal sebesar 50%. (es)

Komentar