SMA dan SMK Budi Dharma Dumai Adakan MPLS Tahun Ajaran 2023/2024

BERITA44 Dilihat

DUMAI – Dalam rangka memperkenalkan Peserta Didik Baru terhadap lingkungan sekolah, SMA dan SMK Budi Dharma Kota Dumai mengadakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) pada Senin 17 Juli hingga (18/07).

MPLS dikuti oleh seluruh Peserta Didik Baru sebanyak 100 siswa yang bertempat di lingkungan SMA dan SMK Budi Dharma Jalan Bintan No.63, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Dumai Kota.

Untuk kegiatan MPLS tahun ini mengusung tema “Meraih Prestasi dengan Budi Pekerti“. Awal kegiatan MPLS tahun ini dimulai dengan upacara bendera yang disertai dengan penyematan kepada perwakilan peserta didik baru sebagai tanda dibukanya kegiatan MPLS sekaligus menerbangkan balon agar menambah meriah acara tersebut.

Siti Zuraidah selaku Kepada Sekolah SMA Budi Dharma dalam sambutan saat upacara, menyampaikan pentingnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru.

“Untuk mengenal lingkungan sekolahnya yang baru, sehingga diharapkan akan tumbuh rasa cinta dan nyaman bagi setiap peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan dapat lebih memajukan sekolah dengan berbagai prestasi,” ucap Siti, yang dikutip Rabu (19/07)

Dilanjutkan dengan pemaparan materi MPLS, dimulai dari materi Kurikulum Merdeka yang disampaikan Billy. Ia menyampaikan beberapa perbedaan kurikulum tahun ini dan tahun lalu serta menyampaikan materi kurikulum yang sesuai dengan materi MPLS Kurikulum Merdeka.

Selanjutnya juga dipaparkan soal materi Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti oleh Rusli, beberapa cara dan proses agar setiap siswa-siswi dapat menjadi siswa-siswi yang berbudi pekerti baik dan penuh tata krama kepada semua orang terutama orang tua dan guru.

juga materi Kesiswaan oleh Diva Aruni, yang mana beliau menyampaikan secara umum bahwa setiap siswa wajib taat pada aturan yang berlaku di sekolah agar tercipta keteraturan dan kebaikan dalam proses pembelajaran.

“Peserta didik dipisah sesuai sekolahnya, yaitu SMA dan SMK sehinga dilaksanakan pengenalan terhadap sekolah masing-masing berikut kegiatan ekstrakurikuler yang ada pada setiap sekolah. Setelah pemaparan materi, semua peserta diarahkan melaksanakan sholat dan makan secara bersama-sama di aula sekolah,” kata Diva Aruni.

Di hari terakhir, diadakan senam pagi untuk seluruh Peserta Didik Baru yang dipandu oleh Panitia MPLS untuk menyemangati dan memberikan semangat.

Setelah senam, juga dilaksanakan kegiatan pelatihan baris berbaris guna melatih ketahanan fisik, mental dan jiwa korsa peserta didik antar sesama siswa baru.

Kemudian Kurnia Sari Kepala Sekolah SMK Budi Dharma menutip acara secara resmi, beliau memberikan pesan kepada seluruh siswa.

“Agar setiap siswa-siswi melakukan kewajibannya sebagai seorang siswa yang taat pada aturan sekolah dimana siswa-siswi tersebut berada,” ucap Kurnia Sari.

Selain itu juga dilakukan kegiatan salam-salaman antara guru, panitia MPLS dan seluruh Peserta Didik Baru karena telah sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga kegiatan selesai.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah berjalan dengan lancar atas kerjasama dari seluruh Panitia SMA dan SMK Budi Dharma. Kegiatan MPLS memberikan banyak kesan yang menyenangkan kepada seluruh Peserta Didik Baru.***

Komentar