Serahkan Hibah Prasarana, Pemko Dumai Dorong Kesejahteraan Pembudidaya Ikan

BERITA39 Dilihat

DUMAI – Pemko Dumai menyerahkan bantuan hibah Prasarana Pembudidayaan Ikan Tahun Anggaran 2023, yang diserahkan langsung Walikota Dumai, H Paisal didampingi Kadis Perikanan Kota Dumai, Afrilagan di kediaman Walikota Dumai, Rabu (7/6/2023).

Kadis Perikanan Kota Dumai, Afrilagan dalam laporannya mengatakan, dasar penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan Perwako Dumai Nomor 97 Tahun 2022 tentang Penjabaran APBD Tahun 2023.

“Latar belakang bantuan pemerintah melalui kegiatan hibah kepada kelompok pembudidaya ikan merupakan salah satu strategi agar masyarakat memiliki kapasitas untuk menjadi mitra dalam pengembangan dan pengelolaan kegiatan budidaya perikanan serta meningkatkan produksi ikan di kota dumai,” kata Afrilagan.

Dijelaskannya, jumlah Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Dumai sebanyak 33, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) 55, Unit Pengolahan Ikan (UPI) 45 kelompok. Jika ditotal hampir 1.400 keluarga yang bekerja bidang perikanan dalam kelompok tersebut.

Bantuan yang diserahkan adalah benih ikan, pakan ikan, kincir, terpal, mesin pembuat pelet, sumur bor, bibit kepiting dan lainnya kepada kelompok binaan Dinas Perikanan Kota Dumai di empat Kecamatan dan sembilan Kelurahan. Terbanyak di Kecamatan Bukit Kapur.

Sebelumnya, Balai Benih Ikan (BBI) Kota Dumai pada tahun 2022 sudah menyerahkan bantuan sebanyak 500.000 bibit ikan lele dan nila ke masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan Afrilagan, Pemko Dumai sejak tahun 2022 sudah memberikan bantuan kepada masyarakat berupa hibah barang dan Bansos kepada lebih 40 kelompok, baik Pokdakan maupun KUB dengan anggaran Rp2 miliar lebih dari APBD Kota Dumai.

Dalam Perda RPJMD Kota Dumai Nomor 6 tahun 2021, target kinerja Dinas Perikanan pada cakupan Bina Kelompok Pokdakan dan KUB sebanyak 72 kelompok dan tingkat ketercapaian sampai tahun 2023 mencapai 75 persen, harapannya tahun 2024 akan tercapai 100 persen.

Lanjutnya, untuk produksi perikanan target RPJMD sebanyak 1.229 ton, capaian sampai 2022 baru 730 Ton atau 59,4 persen.

Afrilagan menjelaskan, bantuan hibah tersebut bertujuan untuk penguatan pemodalan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pembudidaya ikan, khususnya pembudidaya ikan binaan Dinas Perikanan Kota Dumai.

Serta memotivasi pembudidaya ikan agar dapat melakukan usaha budidaya dengan profesional dan berkelanjutan serta mampu mencapai target produksi dengan hasil yang berkualitas.

Sementara itu, Walikota Dumai, H Paisal menyambut baik dilaksanakannya kegiatan serah terima hibah prasarana pembudidayaan ikan tahun anggaran 2023 oleh Dinas Perikanan Kota Dumai.

“Semoga apa yang menjadi tujuan dinas perikanan yaitu untuk penguatan pemodalan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pembudidaya ikan, khususnya pembudidaya ikan binaan dinas perikanan kota dumai dapat tercapai,” kata Walikota.

“Dan bantuan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat dan bisa terlaksana kembali tahun mendatang,” tutupnya.

Sumber: halloriau

Komentar