Seorang Pria Alami Luka Bakar Kerena Septic Tank Meledak

PERISTIWA41 Dilihat

JAKARTA – Kok bisa septic tank meledak? Bagaimana cara mencegahnya?

Dikutip Penjurupos dari detik.com, seorang pria berinisial SY (26) di Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi korban ledakan septic tank dalam kamar kosnya.

Diduga septic tank meledak setelah korban menyalakan rokok saat hendak buang air besar (BAB).

Sebelum bicara bagaimana cara mencegah septic tank meledak, perlu dipahami dulu apa itu septic tank dan apa kegunaannya?

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, tangki septik adalah bak kedap air yang berfungsi sebagai tempat penampungan limbah kotoran manusia. Melalui tangki septik, kotoran manusia akan tertampung di dalamnya.

Nantinya, bagian cairnya akan keluar dari tangki septik dan diresapkan ke sumur resapan. Apabila tidak memungkinkan, maka dibuat suatu filter untuk mengelola cairan tersebut.

Lantas, bagaimana bentuk dan ukuran septik tank yang baik?

Tangki septik terdiri dari 2 jenis, yaitu tangki septik sistem tercampur dan terpisah. Tangki septik sistem tercampur maksudnya adalah tangki septik yang digunakan dari buangan air limbah rumah tangga yang meliputi mandi, cuci, kakus.

Sementara itu, tangki septik terpisah adalah tangki septik yang digunakan hanya dari buangan kakus alias kotoran manusia.

Ada beberapa kriteria standar bentuk dan ukuran untuk tangki septik, di antaranya yaitu:

– Bentuk segi empat dengan panjang x lebar 2:1 sampai 3:1
– Lebar minimal 0,75 meter
– Panjang minimal 1,5 meter
– Tinggi minimal 1,5 meter termasuk ambang batas 0,3 meter
– Volume disesuaikan dengan jumlah penghuni.

Misalnya, jika suatu rumah dihuni oleh 5 orang, maka ukuran tangki dengan periode pengurasan 3 tahun menggunakan tangki septik sistem terpisah maka diperlukan tangki septik ukuran panjang 1,6 meter, lebar 0,8 meter, dan tinggi 1,3 meter.

Ketika membangun tangki septik juga pastikan ada saluran udara yang baik. Sebab, air limbah yang ditampung pada tangki septik menghasilkan gas metana (CH4) yang jika tidak dikeluarkan, maka tangki septik berpotensi untuk meledak.

Gas metana juga punya sifat mudah terbakar, sehingga harus dihindarkan dari sumber api atau bahan mudah terbakar lainnya.

Selain itu, jarak dari tangki septik ke sumber air bersih minimal 10 meter. Hal ini supaya air bersih tidak tercemar dengan isi dari tangki septik.

Seorang pria di Wajo, Sulawesi selatan menjadi korban ledakan septic tank di kamar kosnya. Diduga, korban menyalakan rokok saat hendak menggunakan jamban. Korban mengalami luka bakar akibat peristiwa tersebut dan dilarikan ke rumah sakit.***

Editor: Redaksi

Komentar