Sekda Rohil Buka Bimtek Implementasi Pengawasan dan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko

BERITA77 Dilihat

ROHIL – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Implementasi Pengawasan dan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Tahun 2023, Senin (31/7/2023) disalah satu Hotel di Bagansiapiapi

Bimtek di Buka Sekretaris Daerah Rohil Fauzi Efrizal, S,Sos, MSi,Kadis DPMT Rohil Cicik Sulastri,Kasi intel Kajari Rohil Yopentinu Adi Nugraha,Kadis Kominfo Indra Gunawan,Kadis Perikanan, Inspektorat,Kasat Pol PP, Kadis Pertanian,Serta Pelaku usaha UMKM Rohil.

Dalam sambutannya Sekda Fauzi Efrizal mengatakan sasaran Bimtek bertujuan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di sekolah dan seputar Kebupaten Rokan Hilir.

“Karena dengan regulasi yang ada tentunya banyak perubahan-perubahan tentang untuk bagi pelaku usaha ini terhadap izin-izin terutama dalam proses mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten Rokan Hilir,”Jelasnya.

“Kita minta kepada para pelaku UMKM ini bisa memahami regulasi-regulasi terhadap perizinan yang yang berlaku,Mulai dari pusat sampai ke daerah dan kita harapkan nanti dengan pasca bimtek ini para pelaku usaha UMKM yang ada di kabupaten Rokan Hilir bisa lebih meningkat, dan bisa untuk meningkatkan pendapatan daripada UMKM itu sendiri,”Paparnya.

Sekda juga berharap kedepannya terutama pelaku-pelaku usaha Mikro rumah tangga di masyarakat ini produk-produk yang kita kita angkat ke depannya, Karena selama ini Pemerintah Daerah telah menetapkan untuk mengkonsumsi hasil produk dalam negeri terutama dari para pelaku UMKM.

Sementara, Kadis DPMPTSP Rohil Cici Sulastri,SKM,MSi kegiatan ini di laksanakan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diberikan Pemerintah Pusat dari Kementerian BKPM Investasi.

“Kita melaksanakan program ini sebagai tidak lanjut sebenarnya dari dasar aturan yang telah di wajib di laksanakan, Sementara program-program yang sekarang diprioritaskan itu adalah sasarannya bagi pelaku usaha UMKM, Jadi salah satunya kita melaksanakan bimtek ini agar pelaku usaha bisa bersaing di dalam ataupun di luar negeri,” Paparnya.

“Konsepnya kita akan menggiring pelaku usaha, dan DPMPTSP sendiri adalah proses perizinan dan kita mengirim mereka dulu untuk mengurus izin-izin bagi pelaku usaha yang belum memiliki izin,”Jelas Cici .

Pembinaan ini,Jelas Cici lagi ada beberapa OPD terkait termasuk Disperindag dan Dinas Koperasi UMKM sebagai tahap awalnya dalam proses nomor induk usahanya.

“Jadi kalau sudah ada pegangan NIB bagi pelaku usaha untuk pengembangan nanti ada beberapa OPD teknis yang ikut terlibat atau berkecimpung di dalamnya bagaimana untuk pembinaannya, jadi kami terintegrasi melaksanakan mungkin pembinaan dan pengawasannya,”Pungkas Cuci.***

(bud/rls).

Komentar