Satgas TMMD Lakukan Penyuluhan Jelang Pemilu 2024 Mendatang

BERITA51 Dilihat

DUMAI – Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 melaksanakan kegiatan penyuluhan Pemilu di Kelurahan Sungai Geniot, Kota Dumai, (3/8).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pencerahan tentang pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi kepada warga masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, Parno Sali, perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, hadir sebagai pemateri untuk menyampaikan informasi mengenai mekanisme Pemilu dan pentingnya hak suara bagi warga negara.

Parno Sali juga menyampaikan materi tentang tahapan Pemilu, mulai dari proses pendaftaran calon, kampanye, hingga penghitungan suara. Ia juga memberikan penjelasan mengenai jenis pemilu yang ada di Indonesia, seperti pemilihan presiden, legislatif, dan pemilihan kepala daerah.

Selain itu, Parno juga memberikan informasi tentang hak-hak dan kewajiban warga dalam pemilu serta pentingnya memilih pemimpin yang berkompeten dan berintegritas.

Menanggapi kegiatan penyuluhan ini, warga Kelurahan Sungai Geniot menyambut baik dan antusias. Mereka merasa senang mendapatkan pengetahuan lebih tentang mekanisme Pemilu dan peran aktif mereka dalam demokrasi negara.

Beberapa warga juga mengajukan pertanyaan seputar aturan dan ketentuan dalam pemilu untuk memastikan bahwa mereka dapat melaksanakan hak pilihnya dengan benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dansatgas TMMD Letkol Inf Anthony Tri Wibowo berharap bahwa kegiatan penyuluhan ini dapat memberikan dampak positif bagi warga Sungai Geniot.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya partisipasi dalam pemilu, diharapkan akan meningkatkan tingkat partisipasi warga dalam proses pemilihan umum di masa mendatang.

Hal ini juga diharapkan dapat memperkuat kualitas demokrasi di tingkat lokal dan berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang lebih baik dan beradab.

“Pemilu adalah salah satu momen penting dalam demokrasi yang memungkinkan warga negara untuk berkontribusi dalam menentukan arah dan pemimpin negara. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang proses pemilu, diharapkan warga dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana dan bertanggung jawab,” Katanya.

Selain itu, cara penyuluhan Pemilu ini menjadi bagian dari program TMMD ke-117 yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan penguatan potensi masyarakat di wilayah kelurahan Sungai Geniot.

Selain kegiatan penyuluhan, TMMD juga melibatkan warga dalam berbagai kegiatan fisik seperti pembangunan infrastruktur dan pembersihan lingkungan sebagai bentuk sinergi antara TNI dan masyarakat dalam membangun desa yang maju dan sejahtera.***

Komentar