Rekor Muri, Jalan Jamin Ginting Medan Terpanjang di Indonesia

TRAVEL50 Dilihat

MEDAN – Jalan terpanjang di Indonesia ini memiliki panjang 71,3 kilometer (KM). Jalan Jamin Ginting melintasi kota Medan, kabupaten Deli Serdang hingga ke kabupaten Karo.

Dikutip Penjurupos dari detikTravel, Jalan Jamin Ginting Medan pun memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Pemberian rekor MURI ini dilakukan oleh Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri kepada keluarga Letjen Jamin Ginting. Untuk diketahui Letjen Jamin Ginting merupakan seorang pahlawan nasional asal Sumut.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang turut hadir dalam acara itu mengatakan bahwa penobatan Jalan Jamin Ginting sebagai jalan nasional terpanjang di Indonesia adalah bentuk penghormatan kepada pahlawan. Edy mengatakan penghargaan kepada pahlawan adalah tanda Indonesia adalah bangsa yang besar.

“Kenapa sampai seperti itu, ya bahkan Jamin Ginting juga tidak pernah minta. Dan ini adalah penghormatan kita kepada kepahlawanan Jamin Ginting. Sebab, hanya bangsa yang besar yang menghargai pahlawannya. Harusnya ini sampai ke perbatasan Aceh,” kata Edy dalam keterangannya.

Edy mengatakan, Jamin Ginting merupakan pahlawan yang selama bertugas sebagai tentara, pernah menerbitkan uang untuk kepentingan masyarakat. Edy mengatakan uang yang diterbitkan Jamin Ginting membantu masyarakat yang sedang kesulitan.

“Jadi beliau (Jamin Ginting) ini adalah senior kami, orang yang punya inovasi dan integritas. Saya bangga, karena begitu banyak yang bisa dibanggakan dari Jamin Ginting,” kata Edy.

Riahna Jamin Ginting selaku putri dari Letjen Jamin Ginting juga berterima kasih kepada Gubsu Edy yang memberikan perhatian kepada sosok sang ayah sebagai pahlawan.

Apalagi Edy Rahmayadi sendiri diberikan gelar marga Ginting Suka oleh warga Karo pada 2017 silam, saat masih menjabat sebagai Pangkostrad.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada pihak terkait lainnya. Khususnya Pemko Medan, Pemkab Deliserdang dan Pemkab Karo, karena jalan sepanjang itu melewati tiga daerah. Saya sendiri juga tidak begitu tahu pasti sejarahnya. Dari tahun 80-an sudah diakui dengan nama Jalan Jamin Ginting, yang waktu itu diresmikan ibu saya, Likas Tarigan, dan beliau tak pernah cerita. Jadi saya baru tahu ternyata ini jalan terpanjang,” jelas Riahna.

Sedangkan terkait upaya pihak keluarga, Riahna menyebutkan, bahwa mereka hanya menyampaikan kepada MURI yang kemudian diperiksa oleh Kementerian PUPR. Mengingat nama Jalan Jamin Ginting sudah diakui, namun secara administrasi belum tercatat. “Jadi MURI yang menyatakan itu, sehingga terdokumentasi,” tambahnya.

Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri menjelaskan tentang penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada seorang putra terbaik dari Tanah Karo berupa ruas jalan terpanjang dengan nama Jamin Ginting, adalah satu dari beberapa monumen seperti patung, nama jalur layang hingga museum.

“Banyak pahlawan yang dipakai menjadi nama jalan. Kalau diakumulasi mungkin jauh lebih banyak dan panjang. Tetapi tidak dalam satu ruas yang tidak terputus. Dan ini kami sudah verifikasi kepada Kementerian PUPR. Bahkan di dunia juga tidak ada sepanjang ini jalan yang menggunakan nama pahlawan,” pungkasnya

Editor: Redaksi

Komentar