Rapat di Komisi I, Anggota DPR Tanya Kesiapan Mahfud soal Program Kominfo

BERITA50 Dilihat

JAKARTA – Plt Menkominfo Mahfud Md menghadiri rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR RI. Dalam rapat tersebut, anggota bertanya kepada Mahfud apakah program Kominfo akan tuntas sampai 2024 mengingat dinamika yang terjadi di Kominfo setelah Johnny G. Plate ditetapkan sebagai tersangka.

Rapat gelar pendapat itu digelar di ruang rapat Komisi I, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Abdul Kharis.

“Saya ikut prihatin juga atas musibah yang ada di Kominfo ini, Pak Menteri, saya di sini kami sampaikan bahwa tanggal 2 Maret yang lalu pesennya Pak Presiden bahwa jangan sampai ada pembangunan atau program yang tidak diselesaikan di 2024,” kata anggota Komisi I DPR RI Mukhlis Basri, Senin (5/6/2023).

Legislator PDIP ini meminta kesanggupan Mahfud apakah bisa menuntaskan program yang direncanakan oleh Kominfo sampai 2024. Ia juga meminta Irjen Kominfo mengevaluasi anggaran yang telah digunakan oleh lembaganya.

“Sebagai Menteri, Plt di Kominfo ini saya ingin tanya ke Bapak, apakah bisa diselesaikan di lingkungan Kominfo sampai tahun 2024 dengan kondisi bapak di dalamnya, Bapak sudah tahu kondisinya saat ini,” tutur dia.

“Selanjutnya bagaimana peran Inspektur Jenderal Kominfo ke depan dalam mengevaluasi penggunaan anggaran dan kinerja bakti dan kementerian terkait, artinya bagaimana pemberdayaan peran Inspektorat di Kominfo ke depannya terhadap peran pengguna anggaran,” ujarnya.

Ia meminta Irjen Kominfo Arief Tri Hardiyanto melakukan penguatan. Ia tak ingin kejadian yang mencederai Kominfo terulang.

“Saya harapkan Irjen ini ada penguatannya, Pak, supaya tidak terulang lagi kejadian seperti yang sudah-sudah ini,” kata dia.

Basri menyinggung terkait set top box yang belum maksimal pendistribusiannya dari Kominfo. Ia yakin di bawah kepemimpinan Mahfud hal tersebut bisa diatasi.

“Saya yakin Pak Mahfud ini kan lagi luar biasa namanya, bergulir luar biasa ya. Bapak ditugaskan di sini bisa betul-betul memberikan yang terbaik,” imbuhnya.

Sumber: detik.com

Komentar