Prestasi ASEAN Para Games Bukti Pembinaan Sip Atlet Disabilitas Indonesia

OLAHRAGA39 Dilihat

JAKARTA – Indonesia kembali menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023. Prestasi di Kamboja ini menjadi bukti bahwa pembinaan atlet disabilitas berjalan bagus.

Indonesia memuncaki klasemen medali ASEAN Para Games 2023. Total, ada 159 medali emas, 148 medali perak, dan 77 medali perunggu yang digapai oleh kontingen Merah-Putih.

Perjuangan atlet pun diapresiasi oleh CdM Indonesia di ASEAN Para Games, Andi Rahman. Dia pun juga menyinggung soal pembinaan atlet.

“Perjuangan para atlet sangat luar biasa di ASEAN Para Games 2023 kali ini. Selain bisa menjadi juara umum dengan perolehan medali yang melampaui target, Indonesia juga hat-trick menjadi juara umum. Ditambah lagi banyak para atlet yang membuat rekor baru. Hasil ini bukti kalau pembinaan atlet disabilitas kita berjalan dengan baik,” kata Andi Rahman dalam rilis yang diterima detikSport.

Kontingen ASEAN Para Games 2023 sudah tiba di Solo, Sabtu (10/6/2023). Mereka menumpang pesawat carter Garuda Indonesia. Menpora, Dito Ariotedjo, mengungkap alasan kenyamanan menjadi alasan dibalik itu. Saat berangkat, kontingen ASEAN Para Games tahun ini juga menggunakan pesawat carter.

“Kemenpora memang sengaja mencarter pesawat Garuda untuk kontingen Indonesia berlaga di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, untuk kenyamanan mereka di dalam perjalanan, karena misi mereka sangat berat, yakni mempertahankan gelar Juara Umum. Alhamdulillah, fasilitas dari kami berdampak positif, mereka mampu meraih gelar hattrick Juara Umum,” ucap Menpora Dito, Minggu (11/6/2023).

Sesmenpora, Gunawan Suswantoro, juga tak ketinggalan mengapresiasi. Soal bonus, dia juga memberi penjelasan.

“Saya mewakili Menpora RI Dito Ariotedjo menjemput langsung kedatangan para atlet Indonesia usai berjuang di ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Pemerintah bangga atlet para games kita bisa menjadi juara umum sekaligus hattrick. Ditambah lagi banyak cabor yang melampaui target, tentu hasil ini sangat baik untuk persiapan menuju Asian Para Games 2023 Hangzhou nanti,” kata Gunawan Suswantoro.

“Untuk masalah bonus, sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi, pemerintah akan memberikan bonus setara dengan atlet SEA Games 2023 Kamboja, Kalau dibandingkan yang di Vietnam sebelumnya ada kenaikan 5 persen. Dan itu sama untuk atlet ASEAN Para Games kita,” ujarnya.

Sumber: detik.com

Komentar