Presiden Jokowi Ingin JIS Direnovasi, ini Kata Menpora

BERITA38 Dilihat

JAKARTA – Rabu (28/6/2023), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkap keinginan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merenovasi Jakarta International Stadium (JIS).

Dikutip dari detik.com, Dito menyebut Jokowi ingin JIS menjadi stadion yang sesuai standar.

“Ini rencana saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini, karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar,” kata Dito di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat.

Dito membeberkan sejumlah catatan apabila JIS ditunjuk sebagai venue Piala Dunia U-17. Menurut Dito, JIS masih memiliki pekerjaan rumah, dari perbaikan akses keluar-masuk hingga ketersediaan area parkir.

“Nah, memang beberapa catatan buat Jakarta International Stadium itu terkait pintu ya, akses pintu, parkir,” jelasnya.

Dito menyebut pihaknya akan berkunjung ke JIS dalam waktu dekat. Nantinya, sejumlah catatan itu bakal dibahas bersama PSSI.

Di sisi lain, politikus Golkar itu menyebut JIS bukan satu-satunya opsi stadion untuk Pildun U-17. Saat ini, beberapa stadion turut dipertimbangkan sebagai venue event sepakbola internasional itu.

“Intinya kita ada Stadium Manahan Solo, ada Bung Tomo Surabaya, ada stadium di Sumsel dan ada GBK di Jakarta juga ada JIS, dan banyak lainnya. Ini kita masuk kita tambahkan menjadi opsi penyelenggaraan U-17, dan itu nanti pasti yang harus membahas adalah Kemenpora, PSSI, dan FIFA,” terangnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi angkat bicara soal perhelatan Piala Dunia U-17 pada November 2023 yang berpotensi bentrok dengan konser Coldplay. Jokowi mengatakan stadion di Indonesia bukan hanya Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

“Ya nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK,” kata Jokowi di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (26/6).

Jokowi mengatakan opsi stadion di Indonesia ada banyak. Misalnya, Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Manahan di Surakarta, hingga Stadion Bung Tomo di Surabaya.

“Yang lain kan ada, ada JIS kan ada. Ada di Manahan ada. Ada di Jalak Harupat, ada banyak. Ada di Surabaya Stadion Bung Tomo ada juga. Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap,” tuturnya.***

Editor: Redaksi

Komentar