Prediksi Caleg beserta Parpol yang menduduki 35 Kursi DPRD Dumai 2024 – 2029

BERITA2338 Dilihat

DUMAI – Walaupun Pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Dumai belum diumumkan, santer kandidat yang akan mengisi kursi di Gedung Wakil Rakyat yang beralamat di Jalan Perwira Bagan Besar ini sudah terdengar ditelinga masyarakat.

Seperti disampaikan Sekretaris Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Dumai Dr Ir H Yusrizal, MM kepada awak media, bahwa parpolnya diperkirakan memperoleh 6 kursi pada Pileg yang baru digelar 14 Februari 2024 lalu.

“Untuk perhitungan sementara, insha allah, 5 kursi sudah ditangan. Kita menunggu hasil perolehan di Dapil 4 Dumai Barat – Sungai Sembilan,” katanya saat diminta keterangan via seluler, Senin (19/2/2023).

Parpol yang berlambang pohon beringin ini, digadang – gadangkan akan menduduki posisi Pimpinan DPRD Dumai 2024 – 2029. Senada diujarkan Yusrizal, bahwa hal ini tetap menunggu keputusan pleno KPUD Dumai.

” Kita lihat saja nanti keputusan pleno KPUD Dumai, apalagi saat ini masih pleno di kecamatan,” ujar Yusrizal, yang juga Seorang akademisi di salah satu kampus di Kota Dumai ini menjelaskan.

Ditempat terpisah, salah satu pengamat sosial politik Kota Dumai Irwan menyebutkan bahwa perolehan suara pada pemilu legislatif tahun ini cukup mengejutkan dan bahkan diluar ekspetasi.

Dipaparkan Irwan, dengan adanya penambahan menjadi 35 kursi DPRD Dumai, akan membuka peluang bagi parpol non parlemen. Namun sangat disayangkan, hampir semua kursi DPRD Dumai disapu bersih parpol Incumbent.

“Hasil informasi saya peroleh, Dapil 1 yang merupakan Dapil Neraka ini mampu merebut masing masing 2 kursi dari 3 parpol. Ini diluar ekspetasi dan nalar,” ucapnya seraya menarik alias mata.

Berikut nama nama Caleg beserta Parpol yang diprediksi menduduki 35 Kursi DPRD Dumai 2024 – 2029:

Dapil 1 Dumai Kota – Dumai Selatan

1. Ferdiansyah (GOLKAR)
2. Agus Miswandi (NASDEM)
3. Johannes MP Tetelepta (GERINDRA)
4. Gusri Effendy/Ahmad Zamri (PDIP)
5. M Al Ichwan Hadi(PKS)
6. Roni Ganda Bakara (DEMOKRAT)
7. Hasrizal (PAN)
8. Rendy Firdaus (GOLKAR)
9. Sutrisno/ Fuad Fakhruddin (NASDEM)
10. Idrus (GERINDRA)

Dapil 2 Dumai Timur – Medang Kampai

11. Parluhutan Harianja (PDIP)
12. Kenda Guntara (NASDEM)
13. Ediswan (DEMOKRAT)
14. Mukhtar/ Rudi Hartono (PKS)
15. Yuhandri (GERINDRA)
16. Joko Priono (PKB)
17. Ananda Putri Salsabila (PAN)
18. Antonius Nainggolan (PERINDO)
19. Edison (GOLKAR)
20. Uber Firdaus/Andy P Silitonga (PDIP)

Dapil 3 Bukit Kapur

21. Junjung Mangantas Simorangkir (GERINDRA)
22. Muhammad Dochlas Manurung (PDIP)
23. Sudiran/Asril (NASDEM)
24. Ismun (GOLKAR)
25. Salman (PPP)
26. Mawardi (PKS)/ Jem Harahap (HANURA)

Dapil 4 Dumai Barat-Sei Sembilan

27. Jufrida (NASDEM)
28. Edwar Randa (GOLKAR)
29. Yohannes Orlando(PDIP)
30. Idris/ Imanuddin (DEMOKRAT)
31. Syaifullah/Agus Susanto (GERINDRA)
32. Anton/Suroto (PPP)
33. Yusman (NASDEM)
34. M. Ibrahim/ Tahjuddin (PKS)
35. Jailani (NASDEM)/ Rudi Hartoni (GOLKAR)/ Bahari (PDIP)

Jika dilihat dari ulasan estimasi atau prediksi, Partai NasDem berpeluang menduduki Ketua DPRD Dumai dengan mengantongi 6 – 7 kursi. PDIP diperkirakan akan menduduki posisi kedua dengan estimasi 5 – 6 kursi. Posisi ketiga, Golkar dan Gerindra saling merebut.

PKS yang sebelumnya pada Pileg 2019 bertengger pada urutan kedua perolehan suara, kemungkinan tidak mendapat posisi pimpinan DPRD Dumai. Lebih parahnya lagi, Partai Demokrat yang sebelumnya berada posisi teratas, dari hasil rangkuman terlempar dari Ketua DPRD Dumai.

Terakhir pada perolehan suara Pileg DPRD Dumai 2024, tampaknya ada sekitar 60 persen akan dinominasi wajah wajah baru. Dari 30 Anggota DPRD Dumai 2019 – 2024, diikuti 28 Caleg Incumbent. ***

Komentar