Pesona Alam Pulau Jemur Kaya Akan Hasil Laut

BERITA43 Dilihat

ROKAN HILIR – Mengintip Sedikit Tentang Keindahan Pulau Jemur yang merupakan pulau yang berdekatan dengan Malaysia. Jika diperhatikan dengan seksama, pulau Jemur terdiri dari beberapa kumpulan pulau-pulau kecil, seperti pulau Tekong Simbang, pulau Tekong Emas dan pulau Labuhan Bilik. Pulau-pulau tersebut berkumpul melingkar mengelilingi laut yang tenang. Untuk pemandangan alam yang dimiliki oleh pulau Jemur sendiri, wisatawan dapat melihat betapa indahnya pemandangan yang ada di sana. Selain memiliki pemandangan alam yang indah, pulau Jemur juga kaya akan hasil laut.

Pulau Jemur dilengkapi pula dengan goa Jepang, perigi tulang, menara suar, batu panglima layar dan pantau berpasir kuning keemasan. Dengan tawaran tempat-tempat yang menarik tersebut, pulau Jemur mampu memanjakan para wisatawan dengan baik yang pergi ke lokasi wisata tersebut. Pulau jemur menyuguhkan estetika ke indahan alam khas pantai dengan dilengkapi banyak bangunan bersejarah yang menambah keindahakan Pulau Jemur ini.

Pulau Jemur masih belum banyak dijamah untuk dijadikan destinasi wisata alam. Penampakan kawasan pantai dengan pasir putih dan hamparan laut biru, pemandangan ini cukup menjanjikan untuk dipamerkan di beranda sosial media instagram.

Wisata alam yang Instagramable ini berada di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau ini berdekatan dengan perbatasan Malaysia. Tepatnya sekitar 72,4 km dari ibu kota Rohil Bagansiapiapi dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia.

Di Pulau Jemur ini memiliki potensi wisata yang menjanjikan, sering disebut sebagai Hidden Paradise, selain itu pulau ini pula tempat habitat para Penyu Hijau yang punya nama ilmiah (elonia mydas).

Penyu Hijau merupakan penyu laut besar yang masuk dalam keluarga Cheloniidae spesies dalam golongan Chelonia. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis, terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

Namun kini jumlahnya sudah berkurang sebab perburuan tempurungnya untuk hiasan, dan telurnya sumber protein tinggi dan obat, juga sebab sulitnya berkembangan telur karena kondisi alam.

Pulau Jemur memiliki pantai berpasir keemasan dengan sedikit ombak yang membuat suasana menjadi tentram dan menenangkan jiwa. Yah, pantainya memang sedikit berombak dan memiliki air gradasi berwarna hijau di bibir pantai namun semakin ke tengah lambat laun berubah gelap ketika semakin menjauh ke Samudera.(Advertorial Diskominfotiks Rohil)

Komentar