oleh

KPU Dumai Pastikan Tidak Ada Sengketa Masuk ke MK

Loading...

DUMAI – Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai memastikan Pilkada Dumai diikuti empat peserta pasangan calon tidak ada masuk sengketa perselisihan hasil pemilihan ke Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Komisioner KPU Dumai Divisi Hukum dan Pengawasan Syafrizal menyatakan, bisa dipastikan nihil gugatan masuk ke MK sesuai informasi diterima, selanjutnya KPU menunggu MK mengeluarkan buku register perkara konstitusi (BRPK).

“Dipastikan tidak ada naik gugatan perselisihan hasil pemilihan Pilkada Dumai ke MK, dan kita sedang menunggu jadwal BRPK 18 Januari 2021 nanti,” kata Syafrizal kepada wartawan, Kamis (24/12).

Dijelaskan, setelah MK mengeluarkan BRPK, selanjutnya KPU diberi waktu maksimal lima hari untuk melaksanakan penetapan pasangan calon walikota terpilih.

Loading...

KPU Dumai juga akan menunggu surat KPU RI tentang pelaksanaan penetapan paslon terpilih berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilkada Dumai.

“Setelah penetapan, kemudian dalam waktu tiga hari kita harus mengajukan pengesahan pengangkatan calon walikota dan wakil walikota terpilih,” sebutnya.

Dari laman pilkada2020.kpu.go.id, pasangan calon walikota dan wakil walikota Dumai nomor urut 3 Paisal – Amris unggul dalam perolehan suara, yaitu 50.805 suara atau 39,5 persen suara sah.

Disusul Paslon Nomor 2 Eko Suharjo – Syarifah 41.388 suara sah atau 32,1 persen, kemudian Paslon Nomor 4 Edi Sepen – Zainal Abidin 20.338 suara sah atau 15,8 persen, dan terakhir Paslon Nomor 1 Hendri Sandra – M Rizal Akbar dengan 16.206 suara sah atau 12,6 persen.

Calon Walikota Dumai Paisal mengaku sangat bersyukur dengan hasil pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara yang menempatkan dirinya unggul dari 3 pasangan calon lain.

Dia mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh tim dan relawan serta amanah yang diberikan oleh masyarakat untuk memimpin Dumai kedepan.

“Ini amanah masyarakat Kota Dumai, untuk itu mari kedepan bersama membangun sesuai dengan visi terwujudnya Dumai sebagai kota pelabuhan dan industri yang unggul dan bertumpu pada budaya melayu,” kata Paisal belum lama. rd

Loading...

Komentar

READ MORE