oleh

Karyawan BUMD Pelabuhan Dumai Keluhkan Gaji Separuh, Sekda: Karena Terdampak COVID-19

Loading...

DUMAI – Ssjumlah karyawan BUMD PT Pelabuhan Dumai Berseri keluhkan pemotongan gaji separuh dan pengangkatan karyawan diduga tidak sesuai prosedur kepada Sekretaris Daerah Kota Dumai Herdi Salioso.

Dalam surat ditandatangani 13 karyawan ditujukan ke Sekda Dumai sekaligus Komisaris PT PDB itu, dipertanyakan pembayaran gaji Oktober-November 2020 yang hanya dibayar separuh oleh Direktur Nurul Amin.

Dikonfirmasi wartawan, Herdi Salioso mengatakan, pengurangan gaji untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan daerah agar tetap mampu beroperasi menjalankan bisnis kepelabuhanan ditengah pandemi Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19.

Pembayaran gaji separuh ini juga usulan dari manajemen dalam rangka menyikapi kondisi keuangan perusahaan terdampak COVID-19.

Loading...

“Perusahaan daerah kita minta ambil sikap ditengah pandemi COVID-19 ini, dan untuk menjaga kelangsungan operasional diusulkan pembayaran gaji separoh dan akan dibayar setelah dirasa kondisi pulih,” kata Herdi kemarin.

Namun, sebelum dilakukan pembayaran separuh gaji ini, diminta agar Direktur PT PDB lakukan sosialisasi kepada manajemen meminta persetujuan agar tidak ada persoalan baru.

“Persoalan gaji ini kami anggap sudah selesai, sisa separuh lagi gaji dibayar setelah kondisi keuangan kembali normal,” sebut Herdi.

Surat tertanggal 12 Desember 2020 ini juga menyinggung soal pengangkatan karyawan di sejumlah jabatan penting manajemen diduga tidak sesuai prosedur, yaitu Pelaksana tugas Sekretaris Syukrizal dan Asisten Manager Pelabuhan Achmad Zulkifli.

Herdi sekaligus Pelaksana Harian Walikota Dumai ini menilai proses pengangkatan sudah sesuai ketentuan dan tidak perlu diadakan seleksi seperti uji kepatutan dan kelayakan.

“Pejabat Plt sekretaris ini rela berkorban dengan rangkap jabatan hanya mengisi kekosongan jelang ada pejabat tetap,” ujar Herdi lagi.

Terkait ini, Herdi sudah merampungkan persoalan melalui rapat bersama jajaran manajemen dan meminta Direktur Nurul Amin agar memperbaiki komunikasi lancar dengan semua karyawan serta sosialisasikan kebijakan.

Diminta juga kepada semua karyawan untuk memahami tugas pokok dan fungsi sesuai kewenangan, agar bisnis kepelabuhanan dijalankan perusahaan ini bisa optimal berkontribusi positif ke daerah. rdk

Loading...

Komentar

READ MORE