Pemko Dumai Dukung Pertumbuhan Wirausaha Makanan Ringan

EKONOMI265 Dilihat

DUMAI – Seminar penumbuhan wirausaha baru industri kecil makanan ringan di Kota Dumai, pada kesempatan tersebut hadir yang mewakili Walikota Dumai H Paisal, Staf Ahli M. Yunus.

Seminar tersebut dilaksanakan di Hotel The Zuri, Selasa (12/09/2023) dan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementrian Perindustrian.

Kegiatan itu juga diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari masyarakat yang memiliki bisnis industri kecil. Hal itu dikatakan Yedi Sabaryadi selaku Direktur Industri Kecil dan Menengah Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan Kementrian Perindustrian.

Ia menyampaikan bahwa Kota Dumai mempunyai icon makanan ringan, salah satunya adalah Keripik Cabe, yang mana sangat bisa berpotensi berkembang kedepannya. Yedi juga menjelaskan syarat-syarat untuk membuka usaha bagi pelaku usaha yang ada di Kota Dumai.

“Salah satunya harus mempunyai Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dimana dalam pengurusannya untuk membuka usaha ini, kami juga menghimbau kepada para peserta dan pelaku usaha untuk menggunakan secara optimal digitalisasi dalam bisnis yang dimana nantinua akan disampaikan oleh Narasumber, kita akan memberikan cara pengolahan dan pengembangannya secara baik,” ujarnya.

Disis lain, M. Yunus staf ahli Walikota Dumai dalam sambutannya pada cara tersebut menyampaikan, bahwa wirausahawan harus punya visi dan misi bisnis untuk menumbuhkan jiwa bisnisnya agar meningkatkan kreatifitas.

“Kewirausahaan juga diperlukan perizinannya, nanti peserta yang disini bisa memberikan pertanyaan supaya bagaimana agar bisnis dapat berkembang, bisnis ini juga dapat memotivasi kita serta juga bisa meningkatkan kreatifitas kita semua,” kata Yunus.

Dalam acara itu, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Dumai beserta jajarannya serta Narasumber dari Dinas DPMTSP, Bank BRI, dan tamu undangan lainnya.***

Komentar