Nggak Cuma Praktis, Ini Alasan Cloud Storage Makin Digandrungi

TEKNOLOGI61 Dilihat

JAKARTA – Perkembangan teknologi menghadirkan beragam inovasi yang membuat hidup jadi serba praktis, termasuk dalam hal penyimpanan data. Saat ini, cloud storage makin marak digunakan sebagai pengganti perangkat penyimpanan seperti HDD, SSD, maupun microSD.

Popularitas cloud storage tentunya bukan tanpa alasan. Selain praktis, penyimpanan cloud memberikan banyak sekali kemudahan yang tidak dapat ditemukan pada perangkat penyimpanan konvensional.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut keuntungan menggunakan cloud storage untuk penyimpanan data. Siapa tahu, setelah membaca kamu jadi terdorong untuk ikut menggunakan media penyimpanan mutakhir ini.

1. Praktis & Mudah Diakses

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cloud storage sangat lebih praktis ketimbang perangkat keras penyimpanan data. Tapi sepraktis apa sih cloud storage ini?

Jika menggunakan flash disk, HDD, SSD, atau microSD, kamu pastinya akan membutuhkan perangkat seperti PC, laptop atau smartphone untuk dapat mengakses data yang ada di dalamnya. Namun dengan cloud storage, kamu bisa mengakses data kapan saja dan di mana saja selama ada koneksi internet.

2. Lebih Aman

Jika HDD atau SSD kamu rusak, maka kamu tentunya tidak bisa mendapatkan kembali data yang ada di dalamnya. Tapi tidak dengan cloud storage, karena data yang disimpan di sana bisa diakses melalui perangkat apa saja selama terkoneksi dengan internet.

Ini karena data kamu dikelola oleh lebih dari satu data center. Jadi ketika satu data center mengalami gangguan, data kamu akan dengan cepat dikelola oleh data center lain. Alhasil, kamu tidak perlu khawatir kehilangan data saat menggunakan cloud storage.

3. Tidak Mudah Terkena Virus

Hampir setiap layanan penyedia cloud storage pasti selalu memperbarui antivirus yang mereka gunakan. Sehingga, data kamu yang tersimpan di cloud storage senantiasa terlindungi dari ancaman virus yang ada.

Tak hanya itu, data yang ada di cloud storage juga selalu di back up oleh ribuan server lain. Sehingga ketika data yang kamu miliki rusak atau terkena virus, kamu bisa mengambil cadangan data yang tersimpan di cloud storage.

4. Kapasitas yang Lebih Fleksibel

Umumnya, HDD atau SSD memiliki kapasitas penyimpanan yang fixed atau tidak bisa dirubah. Di sinilah letak keunggulan cloud storage, kapasitas penyimpanannya bisa disesuaikan sesuai kebutuhan kamu.

Jika kamu membutuhkan memori yang lebih besar, kamu bisa dengan mudah mengupgrade layanan yang digunakan. Kamu pun tidak perlu repot-repot memindahkan data ke storage yang baru, karena memori ekstra tersebut akan langsung terintegrasi ke cloud storage yang sedang kamu gunakan.

Itu tadi beberapa keunggulan menggunakan cloud storage untuk menyimpan data. Saat ini, ada banyak layanan cloud storage yang bisa kamu gunakan, misalnya Google One.

Nah buat para pengguna android yang mau menambah memori HP kamu, kamu bisa dapetin kapasitas memori penyimpanan hingga 200 GB secara gratis di Google One loh. Caranya cukup dengan menghubungkan akun DANA kamu ke Google Play, dan kamu akan secara otomatis mendapat tambahan memori hingga 200 GB!

Berikut cara menyambungkan akun Google Play kamu ke DANA:

1. Buka Google Play Store, lalu tap profilmu.

2. Tap Pembayaran & Langganan, lalu tap Add DANA.

3. Masukkan PIN & Kode OTP yang kamu terima via SMS.

4. Selesaikan langkah selanjutnya, lalu tap Lanjut.

5. Selesai deh! Sekarang kamu bisa pakai DANA di Google Play.

Nah, tunggu apa lagi? Segera download DANA sekarang juga dan nikmati kapasitas cloud storage yang lebih lega secara cuma-cuma sekarang juga.

Sumber: detik.com

Komentar