Sekda Resmi Buka Seleksi Paskibraka Kota Dumai Tahun 2023

Nasional4 Dilihat
Loading...

DUMAI – Pembukaan Seleksi Paskibraka Kota Dumai tahun 2023, bertempat di Aula Sudirman Kodim 0320/Dumai Jalan Sultan Syarif Kasim, Dipimpin langsung oleh Walikota Dumai H.Paisal, dalam hal ini diwakili oleh Sekda Kota Dumai H indra Gunawan, diawali dengan Menyanyikan lagu Indonesia, Selasa (21/03/23).

Hadir Kadis Pora Kota Dumai, Dona Fitra ilIllahi, Dandim 0320/Dumai yang diwakili oleh Kapten Arh M.I Daulay, Pasi intel Kodim 0320/Dumai Lettu Inf Ediyanto, Pjs Pasi ops kodim 0320/Dumai Letda Arh Zulkifli, unsur Panitia seleksi paskibraka, perwakilan Dinas kesehatan kota Dumai serta 388 orang siswa/Siswi peserta seleksi Paskibraka tahun 2023 tingkat SMA, SMK, MAN Sekota Dumai.

Loading...

Kadispora Kota Dumai menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Perpres Nomor 51 Tahun 2022 tentang program pasukan pengibar Bendera pusaka dan peraturan BPIP (Badan Pembinaan ldeologi Pancasila) Nomor 3 Tahun 2022, yang merupakan juknis dari pelaksanaan pembentukan Paskibraka di seluruh Indonesia.

Dirinya juga menjelaskan tahun ini adalah terakhir kalinya kegiatan ini diselenggarakan oleh Dispora, karena di tahun 2024 kegiatan ini sudah akan menjadi tugas pokok dari badan Kesbangpol jadi rekrutmen dan seleksinya dipastisasi oleh badan Kesbangpol.

“Biasanya kita melaksanakan seleksi tahap awal sampai akhir itu secara manual, nah untuk tahun ini sesuai juknis dari BPIP sudah melaksanakan secara online yang sistem portalnya itu berlaku secara nasional dari Sabang sampai Merauke dipantau langsung oleh BPIP,” ungkapnya.

Selanjutnya, Sekda Kota Dumai Indra Gunawan dalam sambutanya juga menyampaikan ucapan selamat atas nama pribadi dan pemerintahan Kota kepada Putra putri terbaik yang mengikuti seleksi Paskibraka Kota Dumai tahun 2023.

Paskibraka merupakan salah satu kegiatan yang menumbuhkan kesadaran tentang Bela Negara. Dengan rangkaian kegiatan Paskibraka yang intensif peran Paskibra ini nantinya tak hanya berhenti pada Tugas sejarah pengibaran bendera merah putih saja namun hendaknya juga harus mampu menjadi duta dan panutan bagi generasi muda lainnya dalam tatanan kehidupan berbangsa bernegara khususnya dalam praktek sikap cinta tanah air yang memiliki semangat Patriotisme, serta perilaku dalam menghargai dan menghormati bendera kebangsaan sang merah putih.

“Kepada para peserta seleksi, ikutilah seluruh rangkaian proses seleksi ini dengan sungguh-sungguh, Tampilkan seluruh kemampuan yang terbaik, saya yakin dan percaya bahwa yang hadir ini merupakan siswa dan siswi terbaik yang mewakili sekolah masing-masing serta memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi Paskibraka Kota Dumai tahun 2023 ini.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim seleksi Paskibraka Kota Dumai tahun 2023 saya nyatakan dibuka,”ucap Sekda Kota Dumai mengakhiri sambutanya dikuti tepuk tangan yang meriah dari seluruh tamu undangan.***

Loading...

Komentar