Musda KNPI Dumai belum disosialisasi, Riski minta ditunda

Nasional10 Dilihat
Loading...

DUMAI – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Dumai Periode 2007 – 2010 Riski Kurniawan, ST, MSi meminta pelaksanaan Musyawarah Daerah KNPI Dumai ke XIII ditunda dan tidak dipaksakan karena sejauh ini belum ada disosialisasikan.

Menurut Riski, Musda KNPI direncanakan digelar Sabtu (28/8) akhir pekan ini terkesan dipaksakan dan jauh dari semangat KNPI sebagai laboratorium kader kepemimpinan generasi muda.

Loading...

“Tunda dulu pelaksanaan musda ini untuk beberapa minggu kedepan guna memberi ruang lebih luas bagi kalangan pemuda yang ingin maju dalam helat itu,. Bukan tiba tiba membuka jadwal pendaftaran dan juga sangat terbatas,” kata Riski kepada wartawan, Kamis (27/8).

Dikatakan, KNPI ini bukan organisasi abal-abal, dan panitia dibentuk dianggap tidak siap, karena harusnya jauh hari sudah disosialisasikan luas agar semua organisasi kepemudaan berhimpun di wadah KNPI mengetahui kegiatan musda tersebut.

Sebelum pelaksanaan Musda KNPI, lanjutnya, ada beberapa tahapan yang mesti dilalui panitia pelaksana, diantaranya melakukan pendataan ulang terhadap organisasi kepemudaan yang berhimpun, sosialisasi agenda, penjaringan calon ketua dengan memberikan batas waktu yang wajar serta kesiapan lainnya.

“Segala sesuatu yang dipaksakan, hasilnya tidak baik. Kita melihat, seolah-olah sudah ada “putra mahkota” dipersiapkan. Berikan kesempatan sama kepada pemuda Dumai untuk menjadi ketua KNPI,” sebutnya.

Riski juga mengklaim sudah mendapat dukungan agar Musda KNPI ke XIII Dumai ini ditunda dari sejumlah mantan Ketua KNPI, diantaranya Ketua KNPI Periode 2010 – 2013 Achmad Khusaini dan Ketua KNPI Dumai Periode 1998 – 2004 Timo Kipda.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Pengurus Dewan Pimpinan Daerah KNPI Kota Dumai melalui Panitia Pelaksana Musda ke-XIII telah membuka penerimaan pendaftaran calon Ketua DPD KNPI Kota Dumai yang telah berakhir masa jabatan.

Pembukaan penerimaan calon Ketua DPD KNPI Kota Dumai dimulai dari Tanggal 26 Agustus 2021 pukul 13.00 Wib dan ditutup pada Tanggal 27 Agustus 2021 pukul 17.00 Wib.

Ketua Panitia Steering Committee (SC) Musda ke-XIII, Adel Iskosa Darmaja mengatakan, untuk peserta calon Ketua DPD KNPI Kota Dumai agar bisa melihat syarat pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran dan mengantarkan ke Sekretariat DPD KNPI Kota Dumai Jalan Patimura Kota Dumai.

“Ada beberapa syarat khusus harus dipenuhi calon peserta yang tertuang dalam AD/ART KNPI agar bisa dipenuhi oleh peserta calon,” kata Adel Iskosa.

Sementara Panitia Organizing Committee (OC) Musda ke-XIII Hendra Isolihin mengatakan, persiapan Musda sudah mencapai 90 persen, tinggal pematangan pelaksanan Musda yang akan dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 28 Agustus 2021 di Gedung Daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung Jalan Putri Tujuh.

Dijelaskan, mengingat keadaan sekarang masih dalam pandemi COVID-19 maka untuk peserta Musda hanya diizinkan 1 orang mewakili OKP yang bisa masuk dalam acara.

“Seluruh persiapan untuk Musda ini sudah hampir rampung dan tinggal menyiapkan untuk persiapan yang lebih matang agar acara Musda ini berjalan dengan tertib dan lancar,” kata Hendra. rd

Loading...

Komentar