oleh

Kadis Perdagangan Kota Dumai: Selain Minyak Goreng, Harga Komoditas Lainnya Terpantau Stabil

Loading...

DUMAI – Harga sejumlah bahan pangan di Pasar Senggol dan Pasar Pulau Payung cenderung stabil. Pemerintah Kota Dumai (Pemko) Dumai melalui Dinas Perdagangan Kota Dumai terus memantau perkembangan harga sembako di 2 pasar ini.

Hal ini disampaikan Hermanto, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai. Ia mengatakan diawal bulan Januari harga beras, sayur, ikan, ayam dan kebutuhan pokok lainnya sudah kembali stabil.

“Pada perayaan Natal dan Tahun Baru kemarin memang kenaikan harga terjadi, namun tidak terlalu signifikan. Sekarang harga sembako sudah stabil lagi,” ujar Hermanto, Selasa (11/01/2022).

Berdasarkan Informasi dari Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Kota Dumai tercatat, harga cabai rawit merah telah mengalami penurunan dari harga Rp. 75.000 per Kg, kini turun angka kisaran Rp. 70.000 hingga Rp 65.000 per Kg.

Loading...

“Harga komoditas lain, seperti gula, beras, telur ayam, tepung terigu, dan kedelai terpantau stabil. Tidak ada yang terlalu signifikan, semua masih normal harganya,” imbuhnya.

Lanjutnya, kenaikan hanya terjadi pada komoditas tertentu yaitu bawang putih dan ikan tuna.

“Beberapa ada yang naik, seperti bawang putih tadinya Rp. 26.000 per Kg, hari ini menjadi Rp. 28.000 per Kg. Lalu ikan tuna tadinya per Kg Rp. 30.000 saat ini menjadi Rp. 32.000 per Kg, hanya itu saja. Beberapa komoditas malah harganya turun,” jelas Hermanto.

Hermanto menambahkan, lain halnya dengan komoditas minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan yang saat ini stabil tinggi dipasaran.

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), hingga Jumat (7/1) harga minyak goreng curah di angka Rp. 18.600 per Kg, sedangkan minyak goreng kemasan berada diangka Rp. 20.300- Rp. 20.800 per Kg.

Menyikapi tingginya harga minyak goreng itu, dalam hal ini Pemko Dumai melalui Dinas Perdangangan mulai melakukan Operasi Pasar Murah khususnya untuk komoditas minyak goreng.

“Operasi pasar murah ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemko Dumai bersama instansi terkait dan beberapa produsen minyak goreng yang ada di Kota Dumai. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya menjaga stabilitas harga minyak goreng dan sebagai wujud nyata upaya pemerintah dalam mendukung penyediaan pangan yang terjangkau untuk masyarakat,” tegas Hermanto.***

Loading...

Komentar

READ MORE