oleh

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hutan Kota Bagansiapiapi Diresmikan

Loading...

ROHIL – Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp resmikan Hutan Kota Bagansiapiapi di Batu Enam Kecamatan Bangko Kabupaten Rokanhilir, Jumat (4/6/2021), bertepatan dengan peringatan Hari lingkungan Hidup Sedunia ke-47.

Acara peresmian Hutan Kota juga dihadiri Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Kapolres Rohil diwakili Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Perwakilan Kodim, Kadis DLH Rohil Suwandi S,Sos dan sejumlah kepala OPD

Kadis DLH Suwandi S,Sos mengatakan hutan kota merupakan bagian dari ruang terbuka hijau. Secara umum pembangunan hutan kota merupakan amanat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2002 tentang hutan kota.

Bertujuan untuk berfungsi memperbaiki dan menjaga Iklim, peresapan air, menciptakan keseimbangan lingkungan fisik serta mendukung pelestarian keanekaragaman hayati.

Loading...

“Total Pembangunan hutan kota ini dari 2020-2021 menyerap anggaran 15,8 miliar rupiah,” kata Bupati Suyatno.

Dikatakan, hutan kota ini tercantik dari beberapa hutan kota yang ada di setiap ibu kota kabupaten kota di Provinsi Riau, karena terdapat kolam air mancur yang terlihat indah pada saat malam hari, sehingga dinilai tercantik di Riau bahkan di Indonesia.

Namun karena kondisi COVID-19, air mancur hutan kota tidak bisa dihidupkan dikarenakan dapat mendatangkan khalayak ramai. Adanya sejumlah area bersantai seperti pondok, area permainan anak dan lainnya

“Selain untuk meningkatkan PAD Hutan Kota gunanya bukan hanya sebagai hutan, bisa jadi Ikon Rokanhilir yang baru, objek wisata baru, edukasi bagi anak-anak untuk mengenali tanaman dan hewan. Untuk itu sangat perlu mempertahakan keasrian hutan kota, jaga kebersihan, jangan sampai sampah berserakan,” sebut Bupati.

Usai meresmikan, Bupati Suyatno bersama Kajari, dan OPD melakukan penanaman pohon sapu tangan kemudian, bersantai di pondok tengah Hutan Kota. rd/rls

Loading...

Komentar

READ MORE