Bupati Hadiri Halal Bihalal Ikrohil Pekanbaru,Ajak Warga Rohil Bersatu Bangun Negeri

Nasional8 Dilihat
Loading...

PEKANBARU -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui Ikatan Keluarga Masyarakat Rohil (Ikrohil) menggelar acara Halal bihalal setelah dua tahun tidak dilakukan karena Pandemi Covid-19,Ahad (29/05/2022) di Pekanbaru.

Acara Halal Bihalal Ikrohil ini sekaligus pelepasan keberangkatan calon jemaah haji masyarakat Rohil Pekanbaru di hadiri Gubernur Riau, H.Syamsuar, Bupati Afrizal dan Wakil Bupati Rohil H Sulaiman,Ketua DPRD Maston,Tokoh masyarakat dan Pejabat Rohil di Pekanbaru,Sekdakab Rohil Ferry dan Kabid IKP Kominfo Rohil, Hasnul Yamin.

Loading...

Bupati Afrizal dalam sambutannya mengungkapkan rasa harunya acara silaturahmi yang di bingkai melalui halabihalal tradisi yang setelah hari Raya Idul Fitri 1443 H,akhirnya bisa terlaksana meskipun pelaksanaannya di penghujung bulan Syawal.

“Saya merasa senang sekali,inilah pertama kali saya berdiri di hadapan tokoh masyarakat Rohil di Pekanbaru sejak saya menjabat Bupati Rohil sebelas bulan yang lalu,”Ungkap Bupati Afrizal.

Dikatakannya lagi,acara halal bi halal tahun ini merupakan awal babak baru menyatukan kembali seluruh masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang sempat terpecah pada saat perhelatan Pilkada.

“Dalam kehidupan ini,ada tiga pertengkaran yang bisa menyatukan kita kembali,pertama bertengkar dengan istri,kedua bertengkar dengan saudara kandung,dan ketiga bertengkar saat perhelatan Pilkada. Kalau yang ketiga ini,sudah lama saya tidak menyimpan dendam karena dalam pikiran saya bagaimana membangun Rokan Hilir kedepannya lebih baik lagi.”Kata Bupati Afrizal.

Apalagi saat ini,sambung Afrizal lagi masih banyak daerah terisolir di Rohil yang membutuhkan sentuhan pembangunan seperti di daerah Air Hitam dan Sinaboi,terutama sekali daerah pesisir seperti Kubu dan Pasir Limau Kapas.

Untuk itu Bupati Afrizal,meminta Gubernur Riau memperhatikan kondisi Anggaran APBD Rohil,mengingat APBD saat ini yang hanya tinggal Rp 1,2 Triliun di tambah dana DAK Rp 700 Miliar tidak bisa mengcover kebutuhan anggaran pembangunan yang terbatas ini,terutama sekali untuk wilayah yang teriaolir.

“Beruntung Kita,karena masih ada masyarakat Tiong Hoa perantauan yang sudi menyumbangkan dana nya untuk membangun jembatan di Sinaboi secara swadaya,” Katanya.

Masyarakat Tiong Hoa tersebut, sudah lama tinggal di Sinaboi dari empat generasi. Hebatnya lagi, dana swadaya yang terkumpul mencapai Miliaran rupiah.

Terakhir,Afrizal memberikan pesan khusus.”Kepada seluruh tokoh masyarakat dan para pejabat Rohil di Pekanbaru untuk senantiasa mengunjungi Rohil sekaligus memberikan masukan dan arahan agar kedepannya Rohil lebih maju,mari Kita bersatu membangun negeri.”Tandasnya.

Sementara, Gubernur Riau, Syamsuar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Rohil atas kekompakan dalam membangun daerah,suatu kebanggan bagi dirinya bisa hadir ditengah tengah para tamu undangan masyarakat Rohil yang bermastuatin di Pekanbaru.

” Saya dulu pernah kalah dalam politik tapi tidak pernah dendam seumur hidup. Dulu juga sudah pernah jadi Bupati dan kini jadi Gubernur dah pahamlah masalah itu,kalau tidak kita yang membangun kampung sendiri, siapa lagi,”Cetus Syamsuar.

Mengenai penyusutan APBD sebesar Rp 2 Triliun,sambung Syamsuar bukan hanya dialami Riau saja, namun juga APBD DKI Jakarta juga terkena dampaknya dari Rp 70 Triliun menjadi Rp 40 Triliun.”Kita berharap dari bagi hasil Migas.Namun akibat Covid, bukan hanya negara maju,negara kecil juga ikut terdampak,”Kilahnya.

Namun, Syamsuar mengajak seluruh masyarakat Rohil untuk lebih bersyukur karena dibandingkan negara tetangga,kebutuhan pangan di Indonesia lebih tercukupi dari Malaysia.”Ini berdasarkan kunjungan saya ke Malaysia baru-baru ini, disana terjadi kelangkaan pangan seperti Serai,Lengkuas, Kangkung,Bayam dan Jahe,apalagi Ayam,Sekarang Pemerintah disana membuka kran impor disitu dari komoditas tersebut.

” Kita harus bangga menjadi orang Indonesia setelah melihat kondisi di malaysia,ada yang parah dari kita lagi,” Kilahnya mengakhiri.***

Loading...

Komentar