Mulai Memasuki Tahun Pemilu, UAS: Carilah Pemimpin yang Adil dan Amanah

POLITIK28 Dilihat

BUKIT TINGGI – Ulama kondang, Ustaz Abdul Somad (UAS), memberikan ceramah di acara Tabligh Akbar Bukittinggi Bershalawat pada Sabtu (27/5/2023) malam.

UAS menyebut pertengahan tahun 2023 ini, hiruk pikuk politik sudah mulai terasa. UAS mengimbau umat Islam agar memilih pemimpin yang adil, amanah dan menegakkan syariat Islam.

“Suatu negeri akan baik kalau memiliki pemimpin yang adil dan amanah,” kata UAS.

UAS menyebut untuk memperbaiki akhlak umat, tidak dapat hanya dilakukan dengan ceramah. Karena orang-orang yang menghadiri forum dakwah menurut UAS adalah orang-orang yang sudah mendapatkan hidayah. Sementara masih banyak umat Islam yang masih tersesat di jalan keburukan.

Ia menambahkan untuk memperbaiki akhlak umat, harus dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan seperti kepala daerah dan anggota dewan. Menurutnya, kerja sama antara kepala daerah dan anggota dewan dapat melahirkan perda syariah yang dapat membasmi kemaksiatan.

“Begitu juga dengan bapak-bapak polisi. Berdakwah dengan pistolnya. Orang akan takut berbuat maksiat,” kata UAS menambahkan.

Selain itu, UAS menambahkan pemimpin yang punya pemahaman Islam baik juga dapat memajukan ekonomi umat dengan berbasis ekonomi syariah.

Selain itu, ia berpesan kepada para calon-calon pemimpin supaya mengembangkan lembaga pendidikan berbasis Islam seperti pondok pesantren dan sekolah Islam Terpadu (IT), seperti yang dilansir dari republika.

Sumber: halloriau

Komentar