HUT RI, PT KPI Dumai Meriahkan dengan Rangkaian Edukasi Pencegahan Cedera Olahraga

BERITA53 Dilihat

DUMAI – Meriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78 sekaligus mengedukasi pekerja perihal pentingnya kesehatan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menggelar serangkaian kegiatan coaching clinic dan seminar kesehatan.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Coaching Class yang telah diselenggarakan Sabtu lalu, (12/8/2023) di Balai Pertemuan Sasana Mitra (BPSM) Bukit Datuk. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan pekerja PT KPI Unit Dumai, khususnya anggota Badan Pembina Olahraga (Bapor) RU II Dumai.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pekerja terkait cedera olahraga serta memberikan edukasi tentang cara mencegahnya.

Dia menyebutkan cedera yang terjadi saat berolahraga memiliki banyak dampak pada kualitas hidup seseorang baik akibat sakit yang ditimbulkan maupun keterbatasan aktifitas yang dapat dilakukan.

“Dalam 2 tahun terakhir didapatkan temuan 20 kasus baru cedera olahraga pada populasi PT KPI Unit Dumai yang berdampak pada kualitas hidup serta kinerja saat bekerja, selain itu kasus cedera olahraga juga telah meningkatkan total cost pelayanan kesehatan dalam 1 tahun terakhir,” ungkapnya.

Dia mengakui berbagai upaya pencegahan cedera olahraga merupakan suatu hal yang harus dilakukan untuk mengurangi jumlah kasus cedera baru, salah satunya melalui edukasi mengenai cedera olahraga itu sendiri.

Professional Coach dari berbagai cabang olahraga, dr. Rezki Amalia Nurshal, yang hadir sebagai pemateri menjelaskan tentang bagaimana seharusnya penanganan cedera yang dialami pada saat berolahraga. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang tata cara berolahraga yang aman sesuai dengan cabang olahraga.

Selain kegiatan coaching class tersebut, seminar kesehatan dengan tema serupa juga dilakukan pada Rabu (16/8/2023) yang diadakan di Ruang Audiovisual, Main Office Lt 3.

Hadir langsung sebagai narasumber utama Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Konsultan Sport Injury, dr. Hanif Fahmat, Sp.OT(K), dan Puteri Indonesia 2011 sekaligus Mantan Atlet Basket, Maria Selena.

Melalui seminar ini, pekerja mendapatkan informasi lebih dalam mengenai jenis-jenis cedera olahraga yang umum dialami serta cara-cara penanganannya.

Agustiawan menyatakan dengan rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pekerja di lingkungan PT KPI Unit Dumai dalam menjaga kesehatan dan mencegah cedera saat berolahraga.

“PT KPI Unit Dumai berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendorong gaya hidup sehat dan produktif bagi seluruh pekerja dan masyarakat di wilayahnya,” ujarnya.

Selain memberikan edukasi, perusahaan juga mewadahi upaya peningkatan kesehatan para pekerja melalui peresmian Fitness Center di komplek Fire Camp.

PT KPI Unit Dumai juga telah dan akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan olahraga untuk meningkatkan kesehatan pekerja sekaligus memeriahkan HUT RI ke-78.

“Semoga pekerja PT KPI Unit Dumai senantiasa dalam keadaan sehat dan dapat mengikuti serangkaian kegiatan olahraga yang disiapkan dengan tetap menjaga diri dari cedera olahraga,” tutupnya.rls

Komentar