Mencegah Untuk Boros, 8 Manfaat Menabung yang Harus Diketahui

EKONOMI37 Dilihat

DUMAI – Manfaat menabung tidak hanya terkait dengan kehidupan saat ini, tapi juga di masa mendatang. Tak berlebihan jika dikatakan menabung adalah misi menyelamatkan hidup, terutama saat darurat.

Menabung juga membantu kamu terbiasa hidup disiplin. Pada kenyataanya menabung bukan hal mudah, karena butuh kedisiplinan dan menerapkan prioritas. Yuk kita bahas lebih lanjut apa saja manfaat dari menabung.

8 Manfaat Menabung

Pada dasarnya, menabung adalah menyisihkan sebagian pendapatan untuk berbagai keperluan. Berikut kegunaan menabung dikutip dari laman Kementerian Keuangan Republik Indonesia

1. Antisipasi Kebutuhan yang akan Datang
Salah satu alasan terbaik untuk mulai menabung sedini mungkin adalah karena kita tidak pernah tahu kondisi di masa depan. Contohnya dana sekolah anak, kesehatan, dan kebutuhan tak terduga.

Menabung juga membantu kita menghadapi masa-masa sulit yang tidak pernah dibayangkan. Uang tabungan bisa menjadi bekal bagi Detikers untuk melanjutkan hidup, serta mengusahakan yang terbaik di saat sulit.

2. Melatih Hidup Hemat
Manfaat menabung selanjutnya adalah melatih hidup hemat. Itu artinya, dengan menabung kamu dapat mengatur keuanganmu sendiri dan menetapkan prioritas kebutuhan.

Terlihat mudah, namun ternyata ini memerlukan skill mengelola keuangan yang baik lho. Hemat bukan hanya membelanjakan uang sesedikit mungkin, namun membelanjakan dengan tepat sekaligus menabung.

3. Belajar Disiplin
Nah, dengan menabung sudah pasti kita harus disiplin. Kita harus bisa menentukan kebutuhan yang harus terpenuhi, keinginan yang wajib dikendalikan, atau nafsu yang harus ditekan.

Jika kita sudah terbiasa disiplin, maka menabung akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Hasilnya, uang akan dibelanjakan sesuai kebutuhan dan tidak akan habis sia-sia.

4. Mengurangi Risiko Utang
Utang dapat menyebabkan kecemasan yang berisiko buruk bagi kesehatan mental. Risiko ini bisa ditekan bila kita memiliki tabungan, yang memungkinkan tiap orang bertahan hidup meski dalam kesulitan.

5. Membantu Mempersiapkan Masa Pensiun
Dikutip dari laman CHN Financial Consultant, menabung dapat membantu mempersiapkan masa pensiun. Uang yang dikumpulkan selama beberapa tahun jika diakumulasikan dapat menjadi bekal di masa tua.

6. Belajar Mandiri
Mulai menyisihkan sedikit uang adalah langkah yang bagus untuk menuju kemandirian yang lebih besar. Dengan tabungan kita tidak terlalu bergantung pada teman, keluarga, pinjaman bank, tunjangan pengangguran, dan bebas membuat pilihan dalam hidup.

7. Melatih Kesabaran dan Tidak Boros
Saat memegang banyak uang, salah satu risiko yang muncul adalah boros dan belanja tidak sesuai kebutuhan. Padahal, kebiasaan ini berdampak buruk dan hanya menyisakan sesal di masa depan.

Risiko ini dapat ditanggulangi bila punya kebiasaan menabung. Kebiasaan ini ‘memaksa’ kita untuk sabar menekan nafsu, hanya belanja sesuai kebutuhan, dan menghindari boros.

8. Mewujudkan Keinginan
Walaupun bukan termasuk dana darurat, pastinya kita ingin menyenangkan diri sendiri kan? Dengan menabung, kita dapat menyisihkan uang untuk mewujudkan mimpi yang mungkin membutuhkan dana cukup besar.

Misalnya, kamu bisa jalan-jalan ke negeri orang atau belanja barang yang sudah lama diidamkan. Suatu hal jika diraih dengan usaha sendiri, akan membuat kita makin menghargainya.

Nah itu dia tadi manfaat menabung yang ternyata sangat kamu butuhkan untuk mengatur keuangan kamu nantinya. Tentunya kamu harus memiliki tekad yang kuat untuk menabung ya Detikers. Semoga bermanfaat.

Sumber: detik.com

Komentar