Mahfud MD dan Tito Karnavian Hadiri Acara Puncak HKIN di Kampar

BERITA43 Dilihat

KAMPAR – Menteri Koordinator Bidang Hukum, Politik dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan menghadiri acara puncak Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) di Kabupaten Kampar pada Rabu siang ini.

Selain dua menteri itu, seluruh Ketua Komisi Informasi se-Indonesia hadir dalam acara yang bertemakan “Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang terbuka, Inklusif dan Informatif” itu.

Sebelum puncak acara, pemerintah Kabupaten Kampar selaku tuan rumah telah menggelar kuliah umum bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau bersama Penjabat Bupati Kampar Kamsol dan Ketua Komisi Informasi Pusat Doony Yoesgiantoro pada Selasa kemarin (16/5).

“Kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh mahasiswa terkait keterbukaan informasi publik serta mengajak mahasiswa untuk sama-sama mengawal pemilu 2024 yang terbuka agar inklusif, inovatif serta aman dan lancar,” kata Kamsol.

Para tamu yang hadir peserta HKIN, malamnya dilakukan ramah tamah dengan jamuan makan malam di Balai Serindit Pekanbaru.

Hadir disana Sekda Provinsi Riau Sf. Hariyanto, Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro beserta rombongan, Forkopimda Provinsi Riau, Ketua KI Provinsi Riau yang mewakili dan seluruh Kepala OPD dan tamu lainnya.

SF. Haryanto dalam sambutan pada gala dinner itu mengatakan bahwa sebuah kehormatan bagi masyarakat Riau bahwa puncak Hari Keterbukaan Informasi Nasional ini dapat terselenggara di Provinsi Riau.

“Keberhasilan dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berdampak luas terhadap tingkat kepercayaan masyarakat, oleh karena itu seluruh Elemen berkewajiban untuk menyukseskan Pemilu 2024 dengan sebaik baiknya,” kata dia.

Dia mengajak, saling bersatu dengan menyamakan persepsi membangun citra bangsa melalui penyelenggara pesta demokrasi yang bermartabat sesuai dengan perundang undangan.

“Oleh Karena itu, dengan adanya hari keterbukaan informasi ini diharapkan bisa dijadikan momentum bagi badan publik khususnya pemerintah untuk lebih meningkatkan pemahaman terhadap layanan informasi publik kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro mengatakan bahwa acara HKIN ini menurutnya sangat meriah.

“Saya sudah meninjau semua terkait acara Hari Keterbukaan ini dan saya mau bilang, acara HKIN di Kabupaten Kampar Provinsi Riau sangat meriah, dan saya berterima kasih dan mengapresiasi kepada Bapak Pj Bupati Kampar Kamsol yang telah mengkoordinir semua acara ini bahkan acara ini bisa dihadiri oleh KI se-Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya dengan HKIN ini dapat meningkatkan pelaksanaan keterbukaan informasi publik di tanah air karena hanya dengan melaksanakan keterbukaan dalam menjalankan kebijakan roda pemerintah maka tercipta masyarakat yang demokratis menuju sejahtera.

Sumber: Antarariau

Komentar