Literasi Expo, Dispersip: Wujudkan Masyarakat Gemar dan Cinta Baca

BERITA36 Dilihat

DUMAI – Kamis (20/7/2023), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI gelar kegiatan, dalam rangka Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Dumai Kota Idaman.

Acara dipusatkan di Balai Sri Bunga Tanjung, dihadiri langsung Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando diwakili Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Dra. Mariana Ginting, Pustakawan Ahli Utama, Drs Deni Kurniadi, M.Hum., serta Kepala Dispersip Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani N, Apt., MM., diwakili Kabid Perpustakaan, Gusti Ratih Indriani, S.Hut., M.P.

Ketibaan Deputi dan rombongan disambut hangat Walikota Dumai, H Paisal, SKM., MARS., didampingi Bunda Literasi Kota Dumai, Hj Leni Ramaini, SKM., dan Kepala Dispersip Kota Dumai, Raja Dona Fitri Illahi, SKM., M.Si.

Seremoni penyambutan Mariana Ginting dan rombongan Perpusnas berlangsung semarak. Arak-arakan kompang dari grup kompang Izzatul Rasul mengiringi gerak langkahnya.

Sebagai bentuk ucapan selamat datang, Bunda Literasi Dumai, Hj. Leni menyematkan selempang kepada Mariana Ginting. Ragam bunga silat pun ditampilkan, dan dapat dimaknai sebagai pemberi rasa aman atau terjamin keselamatan.

Sebalum acara Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) untuk Kesejahteraan Masyarakat dilangsungkan, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas RI, Walikota Paisal, Pustakawan Ahli Utama, dan Forkopimda Kota Dumai melakukan pencanangan Gemar Membaca Untuk Dumai (Gemurai) yang ditandai dengan penabuhan kompang.

“Pencanangan Gemurai ini merupakan komitmen Dispersip Kota Dumai untuk wujudkan masyarakat Dumai yang gemar dan cinta membaca,” ungkap Kepala Dispersip Kota Dumai, Raja Dona Fitri Illahi.

Selain itu, rangkaian acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon sebagai tanda pembukaan Expo Literasi Dumai Tahun 2023 yang merupakan program berbasis inklusi sosial.

Expo Literasi perdana ini diramaikan lebih dari 20 stan bazar yang diisi oleh beberapa OPD, Perpustakaan Sekolah, perusahaan, dan komunitas penggiat literasi yang ada di Kota Dumai dengan menampilkan berbagai produk-produk literasi, UMKM, hiburan, serta produk inovasi lainnya.

“Tentunya kita berharap melalui kegiatan pencanangan Gemurai dan Expo Literasi ini dapat mendukung minat baca masyarakat Kota Dumai khususnya bagi generasi muda,” pungkas Dona.

Kegiatan dilanjutkan dengan tinjauan stan bazar yang ada di area Expo Literasi, ragam penampilan dari Forum Anak Dumai (Formad), seperti jingle, teater, sastra dan penampilan lainnya, turut mewarnai seremoni pencanangan Gemurai dan Pembukaan Expo Literasi Kota Dumai Tahun 2023.

Turut hadir Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Dumai, Camat se-Kota Dumai, Bunda Literasi Kecamatan se-Kota Dumai, serta hadirin undangan lainnya.(ES)***

Komentar