KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali Resmikan Mako Lanal Dumai

BERITA27 Dilihat

DUMAI – Peresmian gedung Mako Lanal Jalan Yos Sudarso Kota Dumai oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Peresmian dengan tema “Tuah Sakti Negeri Ksatria Penjaga Perbatasan” turut dihadiri Gubernur Riau, Pada Jumat (4/8/2023) sore.

Juga hadir Pangkoarmada RI, Walikota Dumai H Paisal, Forkopimprov, Forkopimda Dumai, Ketua LAMR-Dumai, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, pimpinan instansi vertikal Kota Dumai, sejumlah Pejabat Utama di jajaran Markas Besar Angkatan Laut serta insan pers.

Salah satu prioritas TNI AL adalah membangun Pangkalan serta infrastrukturnya di seluruh tanah air, termasuk Pangkalan TNI AL Dumai yang baru saja melaksanakan renovasi Markas Komando.

Mako Lanal telah siap dioperasikan kembali sesuai fungsi dalam mendukung operasional unsur-unsur TNI AL, di wilayah tugas nya, Provinsi Riau.

Selain renovasi Mako, turut dibangun sejumlah fasilitas seperti Gedung Serbaguna dan Gedung Jalasenastri. Renovasi merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau yang pada akhirnya menambah aset TNI AL, serta tentunya semakin menunjang dalam operasional Pangkalan TNI AL dalam pelaksanaan fungsinya.

Pembangunan serta renovasi Mako Lanal Dumai dilaksanakan selama 8 bulan, terhitung sejak April 2022 sampai dengan Desember 2022.

Selain itu juga dibangun infrastruktur pendukung lainnya seperti Gedung Wijaya Kusuma, Gedung Jalasenasri, tiang bendera pos jaga depan, gerbang dan pos pantau 2 unit, drainase, halaman upacara, serta pagar pembatas.

Diketahui, pembangunan Gedung Mako Lanal Dumai itu sendiri dibantu lewat APBD Provinsi Riau sebesar Rp 34,4 M.

Bagi TNI AL, peran Pangkalan sangat strategis karena memiliki tugas pokok “5R yaitu Rebase, Replenishment, Repair, Rest and Recreation, yaitu dimana saat bertugas tetap menyelenggarakan dukungan tempur, dukungan logistik, dukungan administrasi maupun dukungan khusus bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut.

Dalam sambutannya, Kasal M Ali sampaikan bahwa TNI AL dalam pelaksanaan operasi dikenal dengan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), yakni Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Pesawat Udara, Marinir dan Pangkalan TNI AL.

“Hari ini momen bersejarah, karena sinergisitas dan kerjasama yang baik dengan Pemprov Riau, gedung Mako Lanal sebagai simbol keberanian dan dedikasi prajurit TNI AL bisa digunakan,” ucap Laksamana M Ali.

M Ali berpesan kepada prajurit agar gedung Mako yang telah diresmikan bisa digunakan untuk melaksanakan operasi pengamanan kelautan Riau.

“Terimakasih atas hibah dari Pemprov Riau,” pungkas mantan Danlanal Dumai ini.

Dalam peresmian, Laksamana TNI Muhammad Ali lakukan Penandatanganan Prasasti serta pengguntingan pita, disaksikan langsung oleh Gubernur Riau, Pangkoarmada RI, Ketua DPRD Riau, serta sejumlah Pejabat Utama di jajaran Markas Besar Angkatan Laut.

Peresmian Pangkalan TNI AL, merupakan implementasi nyata dan Pembangunanan Pertahanan Negara khususnya di wilayah perbatasan.

Serta merupakan wujud dan terjalinnya sinergitas TNI AL bersama dengan komponen pemerintah daerah dan institusi lainnya dengan sangat baik.(Es)***

Komentar