Komit Majukan Perekonomian UMKM, Kadin Inhil Resmi Dilantik

BERITA44 Dilihat

TEMBILAHAN – Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) masa bakti 2023-2028 resmi dilantik, Senin 24 Juli 2023 sore.

Prosesi pelantikan pengurus Kadin Inhil yang dinakhodai oleh Edy Indra Kesuma ini dilakukan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Kadin Provinsi Riau H Masuri SH di Aula Hotel Top 5, Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan.

Tampak hadir Bupati HM Wardan diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Junaidy, unsur Forkopimda dan sejumlah Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil, jajaran pengurus Kadin Riau, Dewan Pertimbangan dan Dewan Penasehat Kadin Inhil serta undangan lainnya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Junaidy ketika diwawancarai awak media berharap agar kepengurusan Kadin Inhil yang baru dilantik dapat melakukan berbagai langkah dalam upaya meningkatkan potensi-potensi perekonomian daerah, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Kadin merupakan mitra stategis Pemerintah, khususnya dalam rangka mengembangkan dan memajukan perekonomian di daerah,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ketum Kadin Riau Masuri berharap kepengurusan Kadin Inhil yang baru ini bisa meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya, sehingga berbagai potensi yang ada di daerah bisa digali secara maksimal.

“Yang harus menjadi perhatian bersama, bagaimana menciptakan ekonomi baru, sehingga bisa menjadi icon atau brand dari Inhil yang berjuluk Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia ini dan menjadi salah satu unggulan di Provinsi Riau,” kata Masuri.

Karenanya, lanjut mantan Ketua Kadin Kabupaten Bengkalis ini, jajaran pengurus Kadin Inhil diharapkan mampu memberikan bimbingan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Di Kadin, ada Program Bersama Kadin Melahirkan UMKM yang Handal dan Tangguh. Jadi, Kadin harus menjadi Bank Data UMKM, sehingga bisa diketahui mana UMKM yang perlu penanganan serius, membutuhkan pendampingan atau yang ingin menaikan statusnya,” terang Masuri.

Sementara itu, Ketua Kadin Inhil Edy Indra Kesuma menyatakan bahwa sejak dilantik hingga seterusnya, Kadin Inhil akan menjalin sinergi dan koordinasi dengan seluruh elemen yang ada di Kabupaten Inhil terutama di bidang perekonomian.

“Mulai hari ini dan ke depan, kami akan terus berjuang untuk peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui UMKM,” pungkasnya. (Ros)***

Komentar