Kapolda Papua Beri Kabar Terbaru Soal Pilot Susi Air yang Disandera KKB

PERISTIWA52 Dilihat

JAKARTA – Irjen Mathius Kapolda Papua mengatakan proses penyelamatan pilot Susi Air perlu dilakukan dengan cermat. Namun dia mengaku akan tetap tegas dalam melakukan langkah hukum.

Kabar terbaru disampaikan terkait penyelamatan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB). Posisi pilot Susi Air ini disebut sudah dipetakan.

Dikutip dari detik.dom, Ia menyebut polisi dan Satgas Damai Cartenz sudah memetakan posisi Philip Mark yang di sandera.

“Tentunya kita mencermati, mencermati bagaimana pola penanganan yang harus kita lakukan dengan baik, teliti, tepat, dan tentunya tegas dalam melakukan langkah penegakan hukum,” kata Irjen Mathius, Minggu (18/6/2023).

Dia menyampaikan negosiasi masih terus dilakukan dengan melibatkan berbagai unsur. Irjen Mathius mengaku memberikan ruang kepada semua pihak untuk melakukan pendekatan kepada KKB Egianus Kogoya dkk.

“Ini kita memang sudah mulai fokus memberikan ruang untuk semua pihak, mau tokoh agama, tokoh masyarakat, keluarga dengan kelompoknya Egi. Kita berharap Egi bisa berkoordinasi, bisa melakukan pendekatan budaya maupun kekeluargaan dia bisa mengembalikan pilot yang diamankan,” terangnya.

Tidak hanya itu, Irjen Mathius juga menegaskan tidak ingin mengambil langkah yang dapat membahayakan banyak orang dalam menyelamatkan pilot Susi Air meski KKB mengancam dengan durasi waktu. Sehingga pihaknya mesti tetap hati-hati dalam melangkah.

“Terkait dengan apa yang mereka share ke media tentang batasan waktu, tentunya ini juga akan menjadi pertimbangan secara cermat dari kami untuk melihat proses ini untuk secara kehati-hatian mengambil penegakan hukum,” ucapnya.

Ia mengaku tidak mau langkah yang diambil menimbulkan dampak pada pilot yang tengah di sandera.

“Kami tidak mau dampak yang kita lakukan itu bisa berefek pada pilot yang sedang dia sandera tersebut. Tentunya kami sudah memetakan dan menggambarkan bagaimana posisi yang ada pada pilot. Saya sudah dapat laporan juga dari Damai Cartenz,” sambungnya.

Sebagai informasi, pilot Susi Air Captain Philip disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya pada Selasa (7/2). KKB juga membakar pesawat Susi Air yang baru mendarat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

KKB saat itu turut menyandera lima penumpang pesawat yang belakangan sudah diselamatkan.***

Editor: Redaksi

Komentar