Jalin Kerjasama dengan Malaysia, Upaya Kadin Riau Meningkatkan Penjualan Produk UMKM

BERITA100 Dilihat

PEKANBARU – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Riau terus berupaya memperluas segmen pasar produk usaha mikro kecil dan menengah (UNKM) dari daerah ini.

Terakhir Kadin Riau menjalin kerja sama dengan Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia Berhad (Angkasa) dalam mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di kedua negara yaitu Malaysia dan juga Provinsi Riau mewakili Indonesia.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Ketua Kadin Riau H Masuri SH dengan Anggota Lembaga Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia Berhad (Angkasa) Dato’ Hj Kamarudin Ismail, usai mengadakan bazar UMKM lokal, di Hotel Pangeran Pekanbaru, Kamis (28/12/2023).

Bazar UMKM mengangkat tema Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia Berhad (Angkasa) Malaysia, Promosi dan Pemasaran Produk Angkasa Koperasi Malaysia Biz Matching Produk UMKM Riau.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 45 pelaku usaha dari setiap kabupaten/kota di Provinsi Riau serta Malaysia.

Menurut Ketua Kadin Masuri SH, pihaknya berusaha membantu menumbuhkan pelaku usaha lokal dalam berbagai sektor, khususnya para UMKM yang handal dengan tujuan terciptakan ekonomi yang kuat untuk masyarakat sejahtera.

“Kegiatan Bazar dan kerja sama yang sudah ditandatangani ini salah satu cara memperkuat dan memperkenalkan produk UMKM Riau kepada masyarakat luas termasuk juga wisatawan dari Malaysia. Sehingga bisa saling berbagi informasi dan pengetahuan dalam pemasaran produk yang dimiliki,’’ jelas Masuri yang akrab disapa Bagong ini.

Dikatakannya, Riau dan Malaysia itu serumpun yang sama-sama menjunjung tinggi nilai dan adat-istiadat Melayu sehingga produk yang ditawarkan kepada masyarakat tidak jauh berbeda.

“Kami sangat mendukung  kegiatan ini, tidak sebatas memperkenalkan produk yang ada tetapi juga mendukung dalam berbagai hal guna mendukung tingkat perindustrian. Riau siap mensuplai keperluan pokok dalam produksi Malaysia,’’ katanya, dilansir riaupos.co.

Sementara itu, kata Masuri, dengan kerja sama yang dilakukan antara Angkasa Malaysia dan Kadin Riau ini memiliki tujuan. Terutama bagaimana mengembangkan UMKM di negara masing-masing lalu bisa dibisniskan antar negara.

Sementara itu, Anggota Lembaga Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia Berhad (Angkasa) Dato’ Hj Kamarudin Ismail mengaku senang denga kerjasama yang terjalin antara Kadin Riau dan Angkasa Malaysia. Karena dapat meningkatkan pemasaran dalam produk antar kedua negara.

‘’Kita coba memasarkan produk-produk yang ada di Indonesia dan juga di Malaysia khususnya produk UMKM,’’ jelasnya.***

Komentar