Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Erick Thohir Harap Pemda dan Pusat Harus Satu

OLAHRAGA45 Dilihat

JAKARTA – FIFA mengumumkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada Jumat (23/6/2023).

Kabar ini boleh jadi menjadi kesempatan kedua dari FIFA yang mencabut hak Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei lalu.

Dikutip dari detik.com, Ketua umum PSSI Erick Thohir meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersatu demi kelancaran penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Ia tak mau Indonesia dinilai tak siap.

Sebagai host, Indonesia tentu tak ingin main-main dalam persiapan. Stadion dan komitmen baik dari pemerintah pusat dan pemerintah menjadi dua hal yang disorot Erick.

Oleh sebab itu Erick, yang juga Menteri BUMN, meminta kepada pemerintah daerah yang nantinya ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan agar berkomitmen demi kesuksesan Piala Dunia U-17 2023.

“Saya juga melihat masalah kendala dari Pemerintah Daerah dan Pusat, saya rasa kita harus bersepakat, kerja sama Pemerintah Daerah dan Pusat itu harus satu, tidak terpisah-pisah,” ungkap Erick di Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Untuk fasilitas stadion, Erick mengatakan, FIFA akan mengirim tim untuk mengecek stadion, sebab kebutuhan lapangan untuk Timnas U-17 dan U-20 akan berbeda.

“Khusus untuk lapangan FIFA akan mengeceknya, kalau pun kebutuhan venue (antara U-17 dan U-20) berbeda, mungkin akan ada upgrade atau renovasi sedikit. Kebetulan pemerintah Indonesia juga sedang renovasi 22 stadion kan,” katanya.

“Saya juga berharap Pemda yang nanti masuk dalam daftar FIFA, tanda tangan dan memberikan komitmennya. Tentu kita sabar saja, kasih waktu karena terus terang, kami semua di kepengurusan PSSI sebenarnya juga tidak tahu ketika ada pembicaraan lebih dalam (soal jadi tuan rumah),” ujar Erick.

“Alhamdulillah ini kesempatan buat Indonesia. Mungkin FIFA melihat kita bangkit, kemarin di SEA Games bagus, FIFA Matchday Palestina dan Argentina juga bagus, kita berani menjadi host (kualifikasi) AFC U-17, ini tentu menjadi pertimbangan mereka,” jelasnya.***

Editor: Redaksi

Komentar