Horor Warga Inggris Sempoyongan Bak Zombie, Dihantam ‘Wabah’ Black Mamba

BERITA39 Dilihat

JAKARTA – Geger ‘wabah’ narkoba black mamba di Inggris. Zat adiktif itu dilaporkan sejenis ganja sintetis dengan efek samping yang lebih mengerikan. Bahkan efeknya bisa membuat pecandunya berubah seperti zombie di kehidupan nyata, seperti berjalan sempoyongan hingga tak bisa mengendalikan diri. Tak ayal jika obat ini disebut ‘narkoba zombie’.

Diketahui, black mamba telah berkontribusi sebagai penyebab 258 kasus kematian di Inggris pada tahun 2021. Adapun salah satu kota yang mengalami dampak terbesar adalah Wolverhampton.

Pada 2016, kota tersebut sempat ditampilkan dalam film dokumenter BBC yang membahas tentang epidemi narkoba. Setelah tujuh tahun sejak film dokumenter berjudul ‘Getting Off Mamba’ dirilis, warga setempat mengatakan masalah narkoba ‘zombie’ ini masih berkecamuk di masyarakat. Bahkan, situasinya disebut semakin parah.

“Ini sebenarnya menjadi lebih buruk selama bertahun-tahun dan sayangnya, tidak ada yang berubah,” kata seorang pekerja di jaringan kecantikan terkenal tanpa disebut identitasnya, dikutip dari Daily Express.

Tak hanya itu, banyak toko yang jendela depannya dihancurkan oleh orang-orang yang ingin mencuri uang atau barang untuk dijual. Uang tersebut nantinya digunakan untuk membeli narkoba.

“Ini situasi yang sangat tidak menyenangkan dan terasa cukup mengkhawatirkan dan mengintimidasi,” kata pekerja dan warga setempat yang tidak mau disebutkan namanya.

Kejadian ini berdampak pada naiknya tingkat kriminalitas di kota tersebut. Menurut data situs web Crime Rate, Wolverhampton resmi menjadi kota paling berbahaya di West Midlands. Ini memiliki tingkat kejahatan regional sekitar 30 persen lebih tinggi dari wilayah lainnya dan 54 persen lebih tinggi dari seluruh negara.

Apa Itu Black Mamba?

Dikutip dari Castle Craig UK, black mamba merupakan salah satu pengganti ganja sintetis yang memiliki efek seperti ganja. Efek samping yang mematikan menyebabkan obat ini dilarang pada tahun 2016 karena Undang-undang Zat Psikoaktif.

Adapun efek samping dari obat ini bisa membuat seseorang mengalami masalah kesehatan mental, psikosis, dan keadaan seperti ‘zombie’ yang dalam, misalnya kehilangan kendali atas tubuhnya.

Obat tersebut juga memberikan efek psikologis kepada penggunanya, seperti kebingungan, paranoia, kecemasan ekstrem, halusinasi, dan efek ekstrem seperti muntah, detak jantung yang cepat, perilaku kekerasan, dan pikiran untuk bunuh diri.

Selain itu, black mamba juga dapat meningkatkan tekanan darah dan mengurangi suplai darah, serta kerusakan ginjal dan kejang.

Sumber: detik.com

Komentar