Hari ini Jokowi Bakal Lantik Menkominfo dan 5 Wamen Serta Wantimpres

BERITA44 Dilihat

JAKARTA – Presiden Jokowi akan melantik satu menteri dan sejumlah wakil menteri serta Wantimpres hari ini, Presiden lakukan reshuffle kabinet.

Menurut pengertian, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) adalah lembaga pemerintah yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Jokowi bakal melantik Menkominfo pengganti Johnny G Plate yang sebelumnya tersandung kasus korupsi BTS. Wamendes Budi Arie yang dikabarkan bakal mengisi posisi tersebut, seperti dilansir dari detik.com, Senin (17/07).

Setidaknya ada lima pejabat yang hari ini dikabarkan bakal dilantik, untuk kursi wakil menteri.

Mereka yaitu Nezar Patria menjadi Wamenkominfo, Paiman Raharjo menjadi Wamendes, Wamen BUMN Pahala Mansury digeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri dan Rosan Roeslani menjadi Wakil Menteri BUMN. Posisi Wamenag juga bakal berganti dari Zainut Tauhid Sa’adi ke Saiful Rahmat Dasuki

Ada juga dua orang lain yang dikabarkan bakal dilantik menjadi Wantimpres. Mereka yaitu Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sebelumya membenarkan informasi pelantikan Menkominfo dan sejumlah Wamen. Meutya kemudian memberikan kisi-kisi soal menteri yang akan dilantik.

“Kabarnya orangnya hadir di acara KIB,” kata Meutya, Minggu (16/7).

Pihak Istana juga telah mengonfirmasi pelantikan sejumlah pejabat baru. Namun Istana belum menyampaikan siapa saja nama-nama yang bakal mengucap sumpah jabatan pada pada Senin besok. Istana meminta semua pihak untuk menunggu sampai acara pelantikan.

“Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Minggu (16/7).***

Komentar