Gubri Ingin Duta GenRe Riau Ikut Perangi dan Cegah LGBT

BERITA38 Dilihat

PEKANBARU – Gubernur Riau, Syamsuar meminta Duta Generasi Berencana (GenRe) ikut memerangi dan mencegah perilaku seks menyimpang lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) yang saat ini marak terjadi di kalangan generasi muda Riau.

“Perilaku menyimpang LGBT dapat memberikan pengaruh buruk dalam kehidupan masyarakat dan generasi muda, sehingga agama menetapkan LGBT menyimpang dalam ketentuan adat dan resam melayu,” ucap Syamsuar dilansir antarariau.com, Jumat (2/6/2023).

Menurut Syamsuar, masalah LGBT adalah masalah penyimpangan kodrat manusia, sekaligus juga membuat Allah murka, sementara dari sisi psikologi kebiasaan jelek ini akan mempengaruhi kejiwaan dan memberi efek yang sangat kuat pada syaraf.

Efek yang kuat pada syaraf itu, katanya adalah pelaku merasa dirinya bukan lelaki atau perempuan sejati dan justru merasa khawatir terhadap identitas diri dan seksualitas serta banyak pemicu lain bisa mengakibatkan mereka makin terlibat kejahatan.

“LGBT berawal dari pergaulan bebas bisa terpengaruh pada penggunaan obat-obatan terlarang/narkoba, seks bebas hingga terjangkit HIV/AIDS,” katanya.

Karena itu, Duta GenRe bisa menjadi ‘Role Model’ sebagai remaja yang memiliki rencana dalam hidup, membantu pemerintah mencegah permasalahan-permasalahan yang masih dihadapi remaja saat ini selain LGBT juga seks pra nikah, Napza dan pernikahan di usia anak atau dibawah umur, yang juga berdampak pada anak yang dilahirkan stunting.

“Harapan kita, melalui duta GenRe akan melahirkan remaja remaja berprestasi, menjadi duta stunting yang dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah pernikahan dini serta menghindari narkoba, seks bebas dan perilaku menyimpang yang melanggar agama itu,” tuturnya.

“Saya mengapresiasi duta GenRe karena program ini sangat membantu kaum muda agar mereka memahami terhadap hal-hal yang menggangu mereka, kehidupan dan masa depan. Kita juga berharap perwakilan duta GenRe riau bersiap-siap mewakili provinsi riau dalam pemilihan duta GenRe tingkat nasional,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, Provinsi Riau pada tahun 2022 meraih juara I Putri pada pemilihan Duta Genre tingkat nasional yakni Novera.

Kanwil BKKBN Riau, Mardalena Wati Yulia menuturkan, sesuai UU nomor 52 Tahun 2009, tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, maka kebijakan pembangunan keluarga dilakukan antara lain peningkatan kualitas remaja, melalui pembinaan pusat informasi dan konseling remaja (PIK R) dengan program GenRe.

“Remaja berperan penting dan dalam mencari figure motivator yang terampil dan berkarakter dari anggota PIK remaja tersebut, sesuai dengan prinsip dari dan untuk remaja, maka BKKBN riau telah menggelar kegiatan GenRe riau award tahun 2023 dan pemilihan duta GenRe 2023 itu,” ungkapnya.

GenRe berperan penting menjadi anak yang sehat dan berkualitas berintegritas dan membantu mensosialisasikan percepatan penurunan stunting di Riau dan pencegahan dari hulu yakni kepada remaja untuk tidak menikah dini dan lain-lain.

Sumber: halloriau

Komentar