Guardiola Jadi Manajer Terbaik Liga Inggris 2022/2023

OLAHRAGA40 Dilihat

JAKARTA – Pep Guardiola terpilih sebagai manajer terbaik Liga Inggris 2022/2023 versi LMA (Asosiasi Manajer Liga). Guardiola memimpin Manchester City menjadi kampiun liga.

Manajer Spanyol itu membawa Man City bangkit untuk berbalik menyalip Arsenal di pekan-pekan terakhir sebelum merengkuh titel juara liga ketiga berturut-turut. Sukses itu membuat Guardiola menyamai rekor yang pernah dicatatkan manajer legendaris Sir Alex Ferguson saat memimpin Manchester United juara tiga kali beruntun pada 2006-2009.

Guardiola masih bisa lebih sukses lagi bersama the Citizens di akhir musim ini. Erling Haaland dkk dalam jalur memenangi treble setelah menjejak final Piala FA (vs MU) dan final Liga Champions (vs Inter Milan).

Bagi Pep Guardiola sendiri, penghargaan manajer terbaik versi LMA ini adalah yang ketiga di dalam kariernya. Sebelumnya Guardiola memenanginya pada 2017/18 dan 2020/21.

“Saya sangat gembira bisa menerima penghargaan Premier League Manager of the Year. Merupakan sebuah kehormatan besar bisa memenangi trofi ini,” ucap mantan bos Barcelona dan Bayern Munich itu dikutip Stats Perform.

“Kami berada di liga terbaik di dunia dan saya berjanji kita akan bersaing lagi di musim berikutnya.”

Pep Guardiola memperoleh suara terbanyak dalam voting seluruh manajer di semua level sepakbola Inggris. Guardiola mengalahkan sederet nama manajer yang mencuri perhatian di sepanjang musim ini, yaitu Mikel Arteta (Arsenal), Roberto De Zerbi (Brighton), Eddie Howe (Newcastle United), Unai Emery (Aston Villa), dan Marco Silva (Fulham).

Guardiola juga memboyong penghargaan lain, yakni Premier League Manager of the Year. Sementara mantan anak asuh Guardiola, Vincent Kompany, memenangi penghargaan Championship Manager of the Year versi LMA usai mengantar Burley promosi ke level teratas.

Sumber: detik.com

Komentar