Generasi ke 3 Kia Picanto, Begini Tampilannya

OTOMOTIF57 Dilihat

JAKARTA – Picanto generasi ketiga awalnya diperkenalkan pada tahun 2017 dan mendapat pembaruan ringan pada tahun 2020.

Dikutip dari detikoto, Kali ini, Kia lebih serius dalam hal pembaruan gaya, New Picanto mengadopsi bahasa gaya “Opposites United” dengan cara yang unik, yang tersedia dalam varian baseline dan GT Line.

Kia Picanto sudah masuk generasi ketiga. Kini mobil itu dapat ubahan baru. Anggota terkecil dalam jajaran mobil Kia ini mengadopsi tampang yang lebih agresif.

Facelift kedua dari Kia Picanto ini mengadopsi lampu depan berbentuk huruf Y dengan opsional LED, tampangnya lebih sporty dari versi sebelumnya. Bumper dari Kia Picanto juga mengadopsi grill Tiger Nose.

Picanto mendapat sepasang lampu belakang LED baru yang sekarang terhubung di bawah kaca belakang. Bempernya juga diperbarui dengan tarikan garis yang lebih tajam, termasuk reflektor yang lebih kecil, diffuser yang lebih agresif, dan tidak adanya pipa knalpot yang terlihat.

Picanto baseline dihadirkan dengan velg 14 inch, namun ada opsi menggunakan velg 15 inch dan 16 inch. Sedangkan GT Line hadir dalam ukuran velg 16 inch yang dilengkapi desain lebih modern, dan diffuser belakang yang lebih sporty.

Picanto baru hadir dengan dua pilihan mesin, konsumen dapat memilih antara mesin bensin 1.0 liter atau 1.2 liter. Mesin 1.0 liter dihadirkan bagi pelanggan yang mengutamakan efisiensi, sedangkan mesin 1.2 liter lebih baik bagi orang yang menginginkan tenaga lebih, terutama untuk mengemudi pada kecepatan tinggi atau menanjak. Sayangnya tidak ada varian turbo dalam varian Kia Picanto terbaru ini.

Kedua mesin menggerakkan roda depan melalui transmisi manual lima kecepatan atau Transmisi Manual Otomatis Kia (AMT).

Kia Picanto terbaru itu menerima peningkatan jalur resirkulasi gas buang, pendinginan ruang bakar, dan optimalisasi intake valve timing, yang diklaim bisa menghasilkan efisiensi yang lebih besar dan emisi yang lebih rendah.

Kia belum menyebutkan sumber tenaga yang dikeluarkan, tetapi saudaranya, Hyundai i10, mesin 1.0 liter itu menghasilkan 67 PS (66 HP), sedangkan 1.2 liter-nya sanggup mengeluarkan 84 PS (83 HP).

Pindah ke dalam kabin, ubahannya kurang signifikan meskipun aspek teknologi telah ditingkatkan. Layar multi informasi display berukuran 8 inch itu sekarang kompatibel dengan bluetooth, Online Voice Recognition, Apple CarPlay, dan Android Auto. Tampilan tengah tetap mempertahankan kenop fisik dan digabungkan dengan kluster instrumen digital standar 4,2 inci.

Peranti keselamatan juga ditingkatkan dengan sistem Advanced Driver Assistance Systems (ADAS)s seperti Forward Collision-Avoidance Asssist untuk mendeteksi kendaraan, pesepeda, dan pejalan kaki. Fitur ini tergantung dari trim yang akan dipilih, biasanya varian teratas sudah dipasang teknologi ADAS.

Sebagai tambahan Kia Picanto juga dibekali fitur seperti Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCE), Lane Keeping Assists (LKA), Driver Attention Warning and Leading Vehicle Departure Warning (DAW+), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA) dan Lane Following Assist (LFA).

Selain itu, Picanto baru dilengkapi dengan Emergency Stop Signal (ESS) yang secara otomatis mengedipkan lampu peringatan hazard untuk memperingatkan mobil di belakang jika pengemudi mengerem mendadak.Hill-start Assist Control (HAC) menahan mobil di rem untuk memastikan Mobil bergerak menjauh dengan mulus dari awal bukit.

Fitur-fitur lain yang tersemat pada Picanto, seperti sistem Vehicle Stability Management (VSM), Cornering Brake Control (CBC), dan Straight-line Stability (SLS), yang membantu pengemudi menjaga kendali saat pengereman dan menikung.

Kia belum merilis harga, tapi di Eropa mobil ini akan berhadapan dengan Suzuki Ignis, Toyota Agyo X, Fiat Panda dan Hyundai i10. Kalau di Indonesia, apakah Kia Picanto terbaru ini cocok buat lawan Honda Brio RS dan Toyota Agya GR Sport?***

Editor: Redaksi

Komentar