Gadis Usia 10 Tahun Ini Bertahan Hidup di Lembah Berbatu, Begini Kisahnya

TRAVEL55 Dilihat

JAKARTA – Seorang gadis berusia 10 tahun berhasil diselamatkan. Ia tersesat dan menghabiskan malam sendirian di sebuah pegunungan yang sangat dingin.

Shunghla Mashwani terpisah dari keluarganya. Melansir BBC, Rabu (14/6/2023), mereka berkunjung ke lembah berbatu Cle Elum, Pegunungan Cascade, Washington, AS.

Dikutip Penjurupos dari detikTravel, Dia ditemukan keesokan harinya setelah upaya pencarian dan penyelamatan besar-besaran oleh tim dari seluruh negara bagian.

Para pejabat mengatakan dia tidur di antara dua pohon agar tetap hangat dalam suhu yang turun hingga 3 Celcius.

Shunghla tiba di AS dari negara asalnya Afghanistan dua tahun lalu. Ia hanya mengenakan T-shirt dan celana jeans ketika dia menghilang.

Anak kecil yang sangat tangguh” itu hanya menderita beberapa goresan kecil, kata Sheriff Deupty Kittitas County, Chris Whitsett.

“Pencarian dimulai ketika seorang pemilik kabin setempat melihat sekelompok orang dewasa yang panik mencari gadis itu di daerah terpencil tanpa layanan telepon seluler. Ia lalu menawarkan telepon satelitnya untuk menghubungi layanan darurat.

Lebih dari 100 anggota tim pencarian dan penyelamatan, yang sebagian besar adalah sukarelawan, kemudian memulai pencarian yang berlangsung sepanjang malam dan melibatkan dua helikopter serta teknologi pemetaan tanah yang canggih.

“Saya sedang berpikir, saya akan menemukan ayah saya dan terus berjalan di hutan untuk menemukan ayah saya,” kata Shunghla. Ia menjelaskan bagaimana dia mendaki ke hilir setelah tersesat.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, Kantor Sheriff Kabupaten Kittitas memuji naluri bertahan hidupnya yang mengesankan.

“Dia bilang dia tahu itu hal yang benar untuk mengikuti sungai. Dia terbukti sebagai anak berusia 10 tahun yang luar biasa banyak akal dan ulet,” tulis departemen itu.

Sehari kemudian, dua pencari yang menyisir daerah itu menemukannya dan memanggil perahu untuk membawanya menyeberangi Sungai Cle Elum yang mengalir deras.

“Itu dia. Gadis kecil yang tangguh ini telah melewati semak-semak lebat sepanjang dua setengah kilometer di lereng yang curam,” kata Whitsett. Ia begitu bersyukur tim penyelamat menemukan dia tanpa terluka.

Pada satu titik, sheriff meminta ayah gadis itu merekam pesan dalam bahasa asli mereka untuk menyiarkan suaranya ke area pencarian.

Keluarga tersebut memberi tahu para pejabat bahwa mereka sering menghabiskan waktu di dataran tinggi pedalaman pegunungan Cascade karena mengingatkan mereka pada Afghanistan.

Editor: Redaksi

Komentar