Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

EKONOMI36 Dilihat

JAKARTA – Elon Musk kembali memuncaki daftar orang terkaya di dunia menurut Bloomberg Billionaire’s Index.

Menurut data terbaru pada Kamis (1/6), kekayaan Musk tahun ini sudah melonjak 40,3% menjadi USD 192 miliar atau sekitar Rp 2.863 triliun berkat nilai saham Tesla yang naik 24% pada bulan Mei 2023.

Musk merebut posisi pertama dari CEO LVMH Bernard Arnault yang kini berada di posisi kedua dengan kekayaan sebesar USD 187 miliar. Arnault sebelumnya menggusur Musk dari posisi pertama pada Desember 2022 setelah nilai saham Tesla jatuh usai Musk membeli Twitter.

Kekayaan Musk memang sangat terikat dengan saham Tesla. Ia memiliki 13% dari Tesla dan menurut data Bloomberg USD 83,8 miliar kekayaannya berasal dari perusahaan mobil listrik tersebut, seperti dikutip dari Gizmodo, Jumat (2/6/2023).

Selain itu Musk juga merupakan CEO SpaceX yang menyumbangkan USD 48,9 miliar dari total kekayaannya. Pria kelahiran Afrika Selatan ini juga merupakan pemilik Twitter setelah membeli perusahaan media sosial itu senilai USD 44 miliar tahun lalu.

Selain Musk, daftar orang terkaya di dunia juga diisi oleh beberapa juragan teknologi seperti Jeff Bezos di posisi tiga dengan USD 144 miliar, Bill Gates di posisi empat dengan USD 125 miliar, dan Larry Ellison di posisi lima dengan USD 118 miliar.

Musk sendiri baru saja meninggalkan Shanghai setelah mengunjungi China selama dua hari. Selama di China, Musk mengunjungi pabrik Tesla serta menemui Menteri Luar Negeri China Qin Gang dan petinggi lainnya.

Menariknya, selama di China Musk sama sekali tidak berkicau di Twitter. Padahal Musk selalu mencuit setiap hari sepanjang tahun 2023 hingga 29 Mei kemarin, sehari sebelum ia memulai perjalanannya ke China.

Twitter tentu saja diblokir di China tapi masih bisa diakses menggunakan virtual private network (VPN). Namun begitu pesawat jet pribadinya meninggalkan Shanghai, Musk kembali mencuit di Twitter seperti biasa.

Sumber: detik.com

Komentar