Cegah Tangkal Radikal, Kodim Dumai Lakukan Komunikasi Sosial

BERITA56 Dilihat

DUMAI – Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi digital memungkinkan tumbuh kembangnya paham radikal, bahkan sampai menjadi tindakan aksi terorisme secara nyata.

Hal tersebut membuat Kodim 0320 Dumai gelar acara komunikasi sosial cegah tangkal radikalisme/separatisme dengan mengusung tema “Ideologi Pancasila sebagai benteng menangkal dari ancaman radikalisme dan separatisme” bertempat di Aula kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai, Jumat (09/06/2023).

Diikuti oleh berbagai komponen masyarakat antara lain Aparat Pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh Agama, organisasi pemuda serta organisasi pelajar dan mahasiswa.

Dalam sambutan Dandim 0320 Dumai Letkol Arh Hermansyah Tarigan yang dibacakan oleh Pasiter, Kapten Inf H. Ginting saat membuka kegiatan menyampaikan, Perkembangan globalisasi dan media sosial membawa dampak positif terhadap kehidupan masyarakat Indonesia berupa kemajuan ekonomi dan pembangunan.

“Namun demikian, di sisi lain media sosial juga membawa masyarakat ke arah fragmentasi dan kohesi dengan penyebaran narasi-narasi yang mengandung paham radikalisme, salah satunya melalui ujaran kebencian, provokasi dan fitnah,” ucap Ginting.

Bangsa Indonesia merupakan negara dengan banyak multikultur bisa dilihat dari segi ras, Agama, bahasa, suku dan adat istiadat. Keanekaragaman tersebut juga mengandung potensi konflik yang jika tidak dikelola dengan baik dapat mengancam keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa.

“Radikalisme yang berkembang di tengah masyarakat merupakan salah satu bentuk ancaman nyata karena menjadi cikal bakal tumbuhnya aksi terorisme dan separatisme yang berpotensi meruntuhkan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Penyelesaian ancaman tersebut menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa Indonesia,” sambungnya.

“Upaya pencegahan diperlukan dalam rangka membendung paham radikalisme dan separatisme berkembang di negara Indonesia, salah satunya melalui program TNI AD yaitu kegiatan Pembinaan Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme dengan menggunakan metode komunikasi sosial kepada seluruh elemen masyarakat khususnya generasi muda,” tandasnya.

Turut hadir Kepala Badan Kesbangpol Kota Dumai Eko Wardoyo Serta Lurah Bukit Timah Herlina dan para undangan lebih kurang 50 orang.***

Komentar