Berikut Daftar Stadion Terbesar di Dunia Versi Olimpic Games

OLAHRAGA53 Dilihat

JAKARTA – Stadion merupakan bangunan besar yang berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara. Mulai dari pertandingan olahraga, konser, bahkan acara-acara kenegaraan.

Dikutip dari detik.com, Dari setiap negara yang punya stadion, kemudian ditemukan bahwa ada beberapa stadion terbesar di dunia, dibuktikan dengan jumlah kapasitasnya yang mencapai ratusan ribu orang. Sebagian besar stadion terbesar tersebut merupakan fasilitas yang dimiliki oleh perguruan tinggi.

Dirangkum dari website Olympic Games, berikut 10 stadion terbesar di dunia.

Daftar 10 Stadion Terbesar di Dunia

1. Rungrado 1st of May Stadium (Pyongyang, Korea Utara)
Stadion terbesar pertama di dunia terletak di Pyongyang, Korea Utara. Namanya adalah Rungrado 1st of May Stadium. Berkapasitas hingga 150.000, pembangunan stadion ini memakan waktu pembangunan hingga 2,5 tahun lamanya.

Nama stadion, salah satunya, diambil karena peresmian yang diselenggarakan pada May Day. Bagian teristimewa dari stadion ini adalah atapnya, yang dapat menjangkau hingga 60 meter di dalam stadion dan 40 meter keluar stadion.

2. Narendra Modi Stadium (Ahmedabad, India)
Stadion Narendra Modi merupakan stadion kriket terbesar di dunia. Lokasinya dekat dengan tepi sungai Sabarmati, Ahmedabad, India. Pembangunannya dimulai pada tahun 1982, dengan tujuan pengembangan bakat kriket di provinsi setempat.

Awalnya, Narendra Modi Stadium hanya dapat menampung 49.000 penonton saja, Kemudian, pada Oktober 2015, dimulailah rekonstruksi hingga stadion menjadi berkapasitas kurang lebih 132.000 orang. Mengutip website resmi Gujarat Cricket Association, stadion ini bahkan memecahkan rekor, mengalahkan Melbourne Cricket Ground yang berkapasitas 90.000 orang.

3. Michigan Stadium (Ann Arbor, Michigan)
Michigan Stadium merupakan arena olahraga terunggul milik Universitas Michigan. Stadion ini pertama kali dibangun pada tahun 1927. Pada awal berdirinya, Michigan Stadium hanya berkapasitas 72.000 orang.

Setelah mengalami rekonstruksi, Michigan Stadium menambah kapasitasnya hingga 107.601. Dengan ukurang stadion yang sebesar itu,

4. Beaver Stadium (State College, Pennsylvania)
Beaver Stadium adalah salah satu dari jajaran stadion terbesar di dunia yang mampu menampung hingga 106.572 orang di dalamnya. Stadion ini berada di State College, Pennsylvania.

Beaver Stadium banyak digunakan sebagai rumah pertandingan sepakbola Penn State. Uniknya, pemberian nama stadion dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap James A. Beaver, yang semasa hidupnya adalah gubernur Pennsylvania dan presiden Dewan Pengawas Universitas. Beliau merupakan salah satu tokoh yang memegang peran penting terhadap perkembangan universitas.

5. Ohio Stadium (Columbus, Ohio)
Berlokasi tepat di tepian Sungai Olentangy, Ohio Stadium merupakan fasilitas kebanggaan di Columbus, Ohio. Stadion ini dapat ditempati hingga 102.780 orang.

Merujuk pada Ohio State, rekor yang pernah tercipta di stadion ini salah satunya adalah pertandingan pembukaan melawan Ohio Wesleyan pada 7 Oktober 1922. Tidak hanya difungsikan sebagai arena pertandingan olahraga, Ohio Stadium juga beberapa kali menjadi tempat perhelatan konser.

6. Kyle Field (College Station, Texas)
Telah berdiri sejak 1905, Kyle Field menjadi rumah bagi tim sepakbola Aggie. Hingga pada tahun 2014-2015, Kyle Field direkonstruksi ulang untuk menambah kapasitasnya hingga 102.733. Pembangunan tersebut memakan biaya setidaknya 485 juta dolar.

Nama Kyle Field sendiri diambil dari Dekan Pertanian dan Presiden Dewan Atletik Texas A&M Edwin Jackson Kyle. Ditugaskan untuk melakukan eksperimen hortikultura di area tepi selatan kampus yang luasnya 400 x 400 kaki, ia menyumbangkan kawasan tersebut untuk

7. Neyland Stadium (Knoxville, Tennessee)
Neyland Stadium di Tennesse yang kita kenal sebagai salah satu stadion terbesar dunia ini awalnya adalah Lapangan Shields-Watkins. Tahun 1919, presiden Bank Nasional Kotak Knoxville sekaligus wali amanat University of Tennessee Kolonel W.S. Shields menyiapkan modal awal untuk membangun lapangan atletik.

Pembangunan selesai 2 tahun setelahnya, tepatnya Maret 1921, dengan kapasitasnya yang mencapai 102.455 orang. Nama Neyland Stadium kemudian diberikan untuk mengenang jasa Robert R. Neyland selaku pelatih kepala tim dari 1926-1952.

8. Tiger Stadium (Baton Rouge, Detroit)
Tiger Stadium dulunya pernah difungsikan sebagai asrama untuk 1.500 siswa, Broussard Hall, dan asrama atletik LSU. Pembangunan awal stadion ini selesai pada tahun 1924, dengan tribun timur dan barat berkapasitas 12.000 orang.

siswa, Broussard Hall, dan asrama atletik LSU. Pembangunan awal stadion ini selesai pada tahun 1924, dengan tribun timur dan barat berkapasitas 12.000 orang.

Dengan bantuan pendanaan dari Tiger Athletic Foundation, Tiger Stadium akan meningkatkan jumlah kapasitas hingga 102.321 orang. Dalam sejarahnya, kompetisi pertama yang digelar di stadion tersebut adalah pertandingan melawan Tulane pada 27 November 1924.

9. Darrell K Royal-Texas Memorial Stadium (Austin, Texas)
Darrell K Royal-Texas Memorial Stadium adalah landmark simbol kebanggaan University of Texas. Hingga saat ini, kapasitas penonton yang dapat ditampung di dalamnya adalah 100.119 orang. Hal ini tak lepas dari berbagai rekonstruksi yang dilakukan.

Mulanya, peresmian stadion megah ini bertepatan dengan perayaan Hari Thanksgiving tahun 1924. Organisasi mahasiswa University of Texas menamai stadion dengan alasan untuk menghormati 198.520 warga Texas yang bertempur dalam Perang Dunia I, termasuk 5.280 orang yang gugur.

10. Bryant-Denny Stadium (Tuscaloosa, Alabama)
Bryant-Denny Stadium pertama kali dibuka pada tahun 1929. Pertandingan pertama yang digelar di sini adalah pertandingan melawan Ole Miss pada 5 Oktober 1929. Kapasitas stadion ini mencapai 100.077 orang.

Tercatat melalui website University of Alabama, Bryant-Denny Stadium telah memecahkan setidaknya 52 kali rekor penonton terbanyak. Rekor terbaru adalah pertandingan melawan LSU pada 9 November 2019 lalu, dengan jumlah penonton 101.820 orang.

Editor: Redaksi

Komentar