Begini Cara Gunakan Engine Brake Pada Mobil Matic dan Manual Saat Turunan

OTOMOTIF79 Dilihat

JAKARTA – Berikut cara mengemudi mobil metic biar gak keterusan saat lewati penurunan. Engine brake dilakukan oleh para pengendara di situasi tertentu.

Tujuannya adalah mengurangi laju kendaraan, terutama saat melintas di jalanan menurun supaya mobil tidak nyelonong.

Ketahui caranya, engine brake merupakan teknik memperlambat laju kendaraan dengan memanfaatkan putaran mesin ketika transmisi diturunkan ke gigi yang lebih rendah.

Dalam situasi jalanan menurun, teknik mengerem biasa bisa membuat rem bekerja lebih keras, mengutip dari detik.com, Senin (24/07).

Bila terlalu lama, rem bisa panas dan memicu terjadinya blong. Untuk menambah efektivitas kinerja rem, maka bisa melakukan teknik engine brake.

Engine Breake pada Mobil Matic

Caranya adalah memindahkan tuas transmisi dari posisi ‘D’ ke gigi yang lebih rendah. Misalnya dari D pindahkan ke gigi ‘1’ atau ‘L’. Bila mobil tersedia tombol Over Drive, pengendara juga bisa mengaktifkannya.

Dengan menerapkan hal itu, laju mobil akan melambat. Posisi gigi rendah saat jalan menurun memang membantu menurunkan kecepatan.

Hindari untuk melaju dengan kecepatan tinggi. Pun untuk caranya, pindahkan gigi sebelum melintasi jalanan menurun.

Penerapan engine brake di mobil dengan transmisi CVT pun sama. Pada intinya gigi dipindahkan ke posisi yang lebih rendah secara bertahap.

Ketika melakukan engine brake, kamu juga bisa sembari menginjak rem, supaya laju mobil bisa lebih terkendali.

Bagi sebagian orang, engine brake dianggap bisa merusak mesin. Mungkin anggapan itu ada benarnya bila engine brake tidak dilakukan secara benar.

Engine break pada mobil manual

Sedangkan untuk melakukan engine brake di mobil manual, pada prinsipnya sama yaitu menurunkan ke posisi gigi lebih rendah.

Pertama lepaskan kaki dari pijakan gas, dan pindahkan tuas transmisi ke gigi rendah. Selanjutnya, lepaskan kopling secara perlahan.

Penting untuk membiarkan kendaraan melambat ke kecepatan yang tepat sembari menurunkan gigi satu per satu. Hal ini bisa mengurangi laju kendaraan dengan sendirinya.

Kalau sudah bisa juga menggunakan kopling dan rem. Hindari untuk menginjak gas saat posisi engine brake karena dapat merusak mesin.***

Komentar