Beberapa Manfaat Coklat Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan?

GAYA HIDUP36 Dilihat

JAKARTA – Cokelat hitam mengandung lebih banyak kakao. Dengan demikian, kandungan antioksidan, serat, dan mineral penting yang ada di dalamnya jauh lebih tinggi dibandingkan jenis cokelat lainnya.

Dikutip dari CNN Indonesia, Tak hanya rasanya yang bikin senang, cokelat juga punya segudang manfaat kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah.

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalamnya, tak heran jika ada banyak manfaat cokelat untuk kesehatan. Apa saja?

1. Mengurangi risiko penyakit serius

Kaya akan flavonoid, cokelat bekerja untuk membantu pembuluh darah menjadi rileks sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini juga bisa menghasilkan banyak manfaat, seperti meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dalam jumlah sedang (hingga enam porsi dalam seminggu) dapat membantu menurunkan risiko detak jantung yang cepat yang dapat menyebabkan masalah jantung atau stroke.

Penelitian lain menunjukkan, sebatang cokelat dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes selama tidak dikonsumsi berlebihan.

2. Meredakan peradangan dalam tubuh

Peradangan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan serius termasuk di antaranya kanker. Cokelat dapat memberikan efek antiinflamasi di seluruh tubuh sehingga membantu mencegah munculnya penyakit.

Studi menemukan bahwa polifenol dalam kakao meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus yang dapat memicu respons anti-inflamasi.

3. Mencegah pembekuan darah

Studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association memberikan bukti bahwa polifenol cokelat dapat meningkatkan aliran darah. Meningkatnya aliran darah dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah.

4. Memperkuat daya pikir otak

Cokelat juga memiliki efek positif pada otak. Ahli menyebut, cokelat membantu mengatur hormon serotonin dan dopamin yang membuat perasaan senang dan dapat meningkatkan suasana hati.

Selain itu, asupan cokelat juga ditemukan dapat meningkatkan fokus, memori, dan kecepatan otak dalam memproses sesuatu.

5. Membantu menurunkan berat badan

Untuk manajemen berat badan, cokelat dapat berperan dalam mengurangi resistensi insulin dan menjaga kadar gula darah.

Satu studi menemukan bahwa cokelat dapat mengurangi berat badan dan BMI pada individu yang sehat, jika dikonsumsi 30 gram sehari atau lebih dalam waktu empat sampai delapan minggu.

Studi lain menemukan, cokelat dapat membantu individu yang mengalami obesitas, yang berisiko mengalami resistensi insulin dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

6. Meningkatkan mood

Mengutip Eat This Not That, cokelat membantu mengatur hormon serotonin dan dopamin yang membuat perasaan senang sehingga dapat meningkatkan suasana hati.
Menurut sebuah tinjauan terhadap delapan penelitian tentang cokelat di Nutrition Reviews, makan cokelat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kognisi berkat kandungan flavonoid dalam kakao yang kuat.

7. Menjaga daya ingat tetap tajam

Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dalam kakao dapat menjaga fungsi kognitif seseorang tetap pria. Caranya, dengan mengirimkan lebih banyak aliran darah ke hippocampus, bagian otak di mana Anda membentuk ingatan.

Terlebih lagi, sebuah studi dari The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa flavonoid kakao dapat membantu menghentikan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

8. Mencegah komplikasi obesitas

Menurut sebuah studi dalam European Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan bahwa kudapan cokelat dapat membantu individu yang mengalami obesitas dan berisiko mengalami resistensi insulin dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

9. Melancarkan olahraga interval intensitas tinggi

Anda mungkin pernah mendengar bahwa susu cokelat adalah pilihan yang baik setelah berolahraga untuk mendapatkan kombinasi karbohidrat dan protein yang sempurna. Hasil penelitan dari Journal of the International Society of Sports Nutrition menemukan, cokelat hitam juga dapat membantu selama latihan singkat yang intens.

Cokelat hitam mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan, sehingga Anda bisa benar-benar memacu diri untuk berolahraga lebih keras. Hal ini juga merupakan salah satu manfaat cokelat untuk kesehatan.***

Editor: Redaksi

Komentar