7 Manfaat Masker Kopi, Bisa Mengurangi Mata Bengkak

GAYA HIDUP36 Dilihat

JAKARTA – Kopi merupakan minuman yang sering dikonsumsi masyarakat. Kopi biasanya juga digunakan untuk menambah cita rasa berbagai masakan. Namun, tahukah kamu kopi juga bisa digunakan sebagai masker loh?

Masker kopi dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Masker kopi biasanya menggunakan kopi halus yang langsung diaplikasikan ke wajah, atau bisa juga menggunakan beberapa kombinasi bahan agar optimal, seperti campuran minyak kelapa, zaitun, atau yoghurt.

Menurut jurnal Analytical Methods, kopi mengandung asam kafeat atau caffeic acid yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Zat tersebut kaya akan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa manfaat masker kopi bagi kesehatan kulit wajah, di antaranya:

Manfaat Masker Kopi

1. Mengobati Jerawat
Masker kopi memiliki kandungan asam klorogenat, yang bisa mengobati jerawat. Kandungan ini sangat baik untuk kamu yang berjerawat dalam memerangi bakteri akibat masalah jerawat. Asam klorogenat juga bersifat anti-inflamasi yang bisa meredakan jerawat meradang. Sehingga memakai masker kopi bisa meminimalisir peradangan dan mengobati jerawat.

2. Kulit lebih Sehat
Manfaat masker kopi berikutnya yakni membuat kulit lebih sehat. Kopi memiliki asam lemak yang bernama asam linoleat. Kandungan ini berperan untuk mengganti sel baru. Seperti dalam jurnal Plos One, asam linoleat mampu memperbarui sel sehingga kulit lebih sehat. Hal ini juga dapat membantu menjaga pori-pori agar tetap bersih.

Tidak hanya itu, kopi juga memiliki senyawa tokoferol serta fenolik yang bisa menyembuhkan luka dan membantu peradangan.

3. Melindungi Kulit dari Sinar UV
Mengutip dari laman Verywell health, Masker kopi juga memiliki manfaat untuk perawatan kulit wajah, ekstrak bubuk kopi ini dapat membantu melindungi kulit akibat dari sinar UV-B. Ekstrak kopi tersebut membantu mengurangi pembentukan kerutan.

Tentunya masker kopi bukan pengganti tabir Surya atau sunscreen. Kamu perlu menggunakan tabir surya untuk melindungi dari sengatan matahari.

Masker kopi juga bisa mengurangi munculnya bintik hitam, kemerahan, dan garis-garis halus akibat penuaan.

4. Bibir Lebih Halus
Masker kopi juga dapat digunakan untuk bibir, nah manfaatnya yakni bisa membantu bibir kering agar lebih halus. Bubuk kopi yang dicampur dengan sedikit minyak kelapa bisa dioleskan secara lembut. Pijat campuran tersebut kemudian bersihkan dengan waslap basah. Bibir akan terasa lebih halus dan lembut saat disentuh.

5. Mengencangkan Kulit
Kopi dapat mengencangkan kulit, hal ini sesuai dengan publikasi American Heart Association, bahwa kopi dapat memperlancar aliran darah. Apabila aliran darah meningkat, kulit juga dapat mengalami peningkatan yang bisa membuat kolagen dalam tubuh.

Arti dari kolagen sendiri merupakan protein yang keras, tidak larut, serta berserat yang bisa membentuk sepertiga dari protein tubuh manusia. Bentuk dari molekulnya berupa fibril tipis yang panjang. Sehingga, bisa membuat kulit lebih elastis. Memakai masker kopi juga bisa membuat kulit wajah tetap kencang dan sehat.

6. Mengurangi Mata Bengkak
Manfaat dari masker kopi berikutnya yakni mengurangi mata bengkak dan mata panda. Mata panda diakibatkan dari sirkulasi darah yang buruk pada area bawah mata. Menurut penelitian dalam jurnal Advanced Biomedical Research, kandungan kafein pada kopi yang memiliki sifat antioksidan dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar mata. Tidak hanya itu, kafein juga dapat mengurangi peradangan di bawah mata bengkak maupun kemerahan.

kamu bisa menggunakan masker kopi untuk memperlancar peredaran darah dengan satu sendok teh ampas bekas dalam handuk kertas yang dibasahi dan diletakkan di atas mata selama 20 menit atau lebih akan membantu mengurangi bengkak.

7. Mencegah Kanker Kulit
Masker kopi mengandung vitamin B3 (niasin), kandungan ini merupakan hasil uraian trigonelin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Skin Cancer Foundation, niasin dapat membantu mencegah kanker kulit non melanoma dan mungkin dapat mencegah gumpalan jaringan yang menonjol keluar dari kulit di sekitarnya.

Kopi juga dapat mencegah beberapa jenis kanker kulit, seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Karsinoma sel basal merupakan suatu jenis kanker kulit yang paling umum terjadi dan sekitar 90 persen orang mengalami kanker kulit jenis ini. Masker kopi bisa jadi salah satu cara untuk kamu mencegah adanya kanker kulit.

Nah, itulah beberapa manfaat masker kopi yang bisa membuat kulit wajahmu semakin sehat.

Sumber: detik.com

Komentar